بسم الله الر حمن الر حيم
 

          Pagi hari adalah saat yang paling sehat diantara waktu-waktu lain (siang, sore dan malam), mengapa? Karena disaat inilah tingkat pencemaran pada atsmosfir/udara bumi dalam posisi (bisa dikatakan) nol (jadi, begini penjelasannya: Perubahan waktu dari malam menjadi pagi akan membuat suhu udara pada waktu siang/sore pada hari sebelumnya, menurun. Di sisi lain, pada waktu malam, sedikit orang yang menggunakan kendaraan yang asapnya merupakan penyebab polusi udara nomer wahid di bumi ini, jadi, bisa dikatakan bahwa pada pagi hari, polusi udara mencapai titik nol, begitu penjelasannya).
          Namun, apakah hal itu juga berpengaruh pada tubuh pada saat kita bangun di pagi hari? jawabnya mungkin ya, mungkin juga tidak (semua tergantung pada keadaan anda tidur di malam harinya dan beberapa faktor lainnya). Kebanyakan orang yang bangun di pagi hari, terpengaruh oleh beberapa faktor, seperti di bawah ini:

         1.  Kondisi sebelum tidur

         1.a.  Kondisi psikologis
                  Sebaiknya, sebelum tidur, tenangkan hati, hapus semua dendam, lupakan orang-orang yang pernah menyakiti kita, sehingga anda benar-benar dalam keadaan rileks. Kebanyakan orang yang tidur dalam keadaan marah/strees, maka ia akan bangun dalam keadaan serupa dan berakibat kepada hal-hal yang dilakukan sesudahnya. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghilangkan marah pada saat akan tidur, seperti wudhu, sholat 2 rekaat, berdoa, membaca ayat kursi serta istighfar dan mengingat Allah swt.

         1.b.  Apa yang dimakan/minum
                  Makan dan minumlah dengan makanan/minuman yang halal dan baik serta secukupnya, begitu yang sering kita dengar. Ternyata, itu bukan hanya sekedar slogan/kata bijak/yang lainnya. Menurut penelitian, orang yang makan/minum berlebihan/melebihi kadar sewajarnya, akan merasa sulit untuk memejamkan mata. Sebelumnya, perlu kita ketahui bahwa perut kita maksimal dapat menampung oksigen sebesar 1/3 volume dari perut kita. Sepertiga lagi buat air dan sepertiga lagi buat makan. Secara logika, jelaslah sudah, apabila makanan yang dimakan lebih dari 1/3 dari volume maksimal yang diperbolehkan, maka akan mengurangi volume dari air dan udara. Dan akibatnya oksigen akan diambil langsung dari luar tubuh, kemudian masuk secara bertahap dan sebanding dengan volume pencernaan yang dilakukan oleh perut kita. Coba anda lihat orang yang kebanyakan makan, apakah cara bernafasnya adalah cara bernafas yang sehat? saya jamin jawabannya adalah tidak. Orang yang kebanyakan makan/minum akan merasakan sesak nafas (alasannya sudah saya jabarkan di atas). Sehingga, orang yang kebanyakan makan/minum akan merasakan sesak nafas dan saya pastikan bahwa orang tersebut sulit untuk tidur.
                   Makanlah makanan yang tidak mengandung asam dan berminyak dengan kadar yang banyak sebelum tidur. Lambung akan mengeluarkan asam alami saat melakukan pencernaan dan apabila makanan yang dicerna mengandung asam secara berlebihan maka akan terjadi penumpukan asam di dalam lambung kita dan itu tidak baik (paling tidak, perut akan sakit). Sedangkan minyak akan menjadi lemak dan fungsi lemak adalah untuk menghangatkan tubuh. Apa yang akan terjadi apabila tubuh kebanyakan lemak? Lemak akan tertimbun di bagian-bagian tubuh tertentu. Dan parahnya lagi, salah satu bagian tubuh yang akan tertimbun lemak adalah saluran darah dari dan ke jantung, anda pasti sudah tahu akibatnya jika aliran menuju dan yang keluar dari jantung tertimbun lemak dan kemudian menyempit???
                   Saran saya, jarak antara waktu makan dan waktu tidur sebaiknya adalah 2-3 jam. Kurangi makanan berlemak dan berasam tinggi. Seimbangkan gizi makanan. Makanlah secara teratur, baik itu jumlah/porsi maupun waktunya dan makanlah makanan yang halal dan baik serta tidak berlebihan.

         1.c.  Tempat anda tidur
                  Jawab pertanyaan saya ini: Lebih nyaman tidur di hotel di mana ada kasur kelas persident atau tidur di lantai dengan alas sekedarnya? Mungkin jawaban anda akan berbeda-beda. Yang satu pilih kasur kelas president, yang lain pilih tidur di lantai dengan alas sekedarnya. Hmm, menurut saya, kedua jawaban itu tidak salah, karena masing-masing pribadi punya definisi sendiri tentang kata “nyaman”. Nyaman dapat setara dengan tidur di kasur kelas president, Nyaman dapat pula berarti keseimbangan antara kerasnya lantai dengan empuknya daging di tubuh seseorang. Nyaman bisa juga berarti di manapun ia dapat tidur, itulah tempat yang nyaman, tak peduli ia tidur di atas kasur president, di lantai ataupun di depan mulut buaya sekalipun.
                  Jadi begini, menurut saya di manapun anda tidur, sebaiknya pastikan, anda tidur di tempat yang bersih, biar saat anda masih tidur dan setelah bangun, anda tidak terganggu oleh rasa gatal. Rasa gatal inilah yang membuat tidur tidak menjadi maksimal. Bersihkan tempat tidur anda dengan sarung/sapu khusus tempat tidur.

         1.d.  Kondisi ruangan di mana anda tidur
                  Perhatikan kebersihan ruangan untuk anda tidur, usir nyamuk dengan obat nyamuk yang sehat, perhatikan ventilasi ruangan, jangan terlalu terbuka (bisa kedinginan), jangan terlalu tertutup (bisa kepanasan). Siapkan perangkat tidur anda seperti bantal, selimut dll. Perhatikan juga kondisi penerangan (kebanyakan orang bisa tidur setelah lampu dimatikan, namun tak sedikit pula hanya bisa tidur kalo ada penerangan lampu. Saya lebih suka kalo lampu untuk tidur, saya ganti ke watt yang lebih kecil, kemudian saya tutupi menggunakan kertas/benda-benda tebal untuk menutupi cahaya yang menghadap ke wajah saya secara langsung). Sebaiknya, lampu yang digunakan tidak terlalu terang.

         1.e.  Waktu tidur
                  Waktu tidur yang baik adalah di awal malam, sesudah sholat isya’ (hal ini bisa dilakukan jika tidak ada hal-hal yang harus segera diselesaikan).

         1.f.  Keadaan tubuh
                  Bersihkan tubuh sebelum tidur. Kalau tubuh anda sedang berkeringat, bersihkan keringat dengan handuk/mandi. Gosok gigi anda, bersihkan alat-alat vital dan rapikan rambut. Berwudhulah.

 

         2. Kondisi saat tidur

         2.a.  Posisi tidur
                  Setelah semua kondisi pada point 1 terpenuhi, saatnya membaca dan melakukan kondisi pada point 2. Posisi tidur yang disukai rasulullah Muhammad saw adalah menghadap/berbaring ke kanan dengan meletakkan tangan kanan berada di bawah pipi kanan. Sedangkan posisi tidur yang tidak disukai rasulullah adalah tidur telungkup (posisi menindih perut).

         2.b.  Posisi Selimut
                  Selimuti tubuh mulai dari leher sampai kaki. Menyelimuti kepala/muka kemungkinan dapat menyebabkan sesak nafas dan gas hasil penafasan (karbon dioksida) tidak dapat menghilang dan kemungkinan dapat terhirup kembali (hal ini sangat berbahaya).
                 Jika kepala merasa kedinginan, gunakan selimut khusus kepala yang tidak sampai menutupi wajah.

 

         3.  Kondisi saat bangun/setelah tidur

         3.a.  Berdoa setelah tidur
                  Semua yang kita lakukan pada hakikatnya adalah kehendak Allah swt, maka dari itu hendaknya kita selalu minta perlindungan dan bersyukur hanya kepada Allah swt. Hal ini juga berlaku saat kita bangun dari tidur kita. Setelah kita dimatikan, kemudian kita dihidupkan lagi, ini adalah nikmat yang tidak boleh kita ingkari, sudah kewajiban kita untuk bersyukur. Semoga kita termasuk hamba Allah swt yang selalu bersyujur kepada-Nya, amin.

         3.b.  Wudhu dan Sholat
                  Bersihkan fisik dan jiwa dengan wudhu, kemudian sujudlah menghadap Allah dengan sholat (bisa sholat lail+witir ataupun sholat qobliyah shubuh+sholat shubuh).

         3.c.  Mendapatkan kesegaran yang hilang
                  Setelah sholat, kembalikan hak tubuh untuk mendapatkan kesegaran dengan meminum segelas air putih. Air putih ini insya Allah akan mengembalikan cairan yang hilang selama kita tidur. Setelah itu, gerakkan tangan dan tubuh ke kanan dan ke kiri (maksud saya adalah olah raga ringan untuk sekedar melenturkan tubuh). Hiruplah udara pagi sedalam-dalamnya dan jangan  tidur lagi di pagi hari.

         Insya Allah, setelah melakukan itu semua, kita senantiasa akan terjaga kesehatannya, semoga Allah senantiasa melindungi dan mengampuni kita, amin ya rabb.

Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

2 responses »

  1. anang says:

    trima kasih nasehatnya..

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s