بسم الله الر حمن الر حيم

 

           Seharusnya, banyaknya browser dimanfaatkan untuk saling menutupi kelemahan antara 1 browser dengan browser yang lainnya, bukannya malah digunakan untuk sesuatu yang mengandung kata-kata keras dan menakutkan, seperti Perang browser dll. Sebelumnya, akan saya tunjukkan peringkat browser berdasarkan fasilitasnya:

1. Internet Explorer 8 (saat ini sudah ada versi 9-nya)

          Fasilitasnya: Pencarian cepat (tanpa harus mengetikkan alamat web search seperti www.google.com dll), Sistem Tabs, Fasilitas ‘Open tabs you’ve previously closed’, Accelerators, Fasilitas InPrivate Browsing, Phishing Filter, Favorites bar, Developers tools, Fasilitas Compatibility View, SmartScreen Filter, Pop-up Blocker, Web Slices, Quick Tabs, Deleted Browsing History, Tabs Color, Ada support dari pihak ketiga dengan menyediakan plug-in,  Offline Help, Bisa membuka file pdf, html, flash, image, movie, xps dll, Fasilitas View Source, Online support.

          Kelemahan: Butuh memory yang agak besar, Bagi para pemula penggunaan Developer Tool akan menjadi sangat sulit, Halaman Download tidak terpisah.

          Kunjungi http://www.microsoft.com/ie

2. Opera 10.xx

          Fasilitasnya: Widget, Hapus data pribadi, ada versi bahasa indonesianya, Visualisasinya hampir sempurna (kemudahan karena ada tombol-tombol yang langsung dapat digunakan untuk mengakses perintah-perintah), Penanda, Tersedianya peralatan Developer yang terpisah sesuai kategori, Phising Filter (Perlindungan penipuan), Semua terintegrasi dalam tab-tab (maksudnya adalah setiap membuka satu perintah akan ditampilkan di tab), Opera Turbo, Opera Link, Opera Unite, Panggil Cepat dengan thumbnail, Online support, Web search, Akun email.

          Kelemahan: Tidak ada offline help, Lebih banyak membutuhkan sambungan langsung (online), tampilan terlihat tidak rapi.

          Kunjungi http://www.opera.com

3. Mozilla Firefox 3.x.x

          Fasilitas: Web search, Sistem Tabs, Errors Console, Private Browsing, Clear Recent History, Halaman Download terpisah, Fasilitas view Page Source, Ada support dari pihak ketiga dengan menyediakan plug-in, Bisa membuka file pdf, html, flash, image, movie dll, Bookmarks, skin, Agak ringan, Online support.

          Kelemahan: Tidak bisa membuka file XPS, tidak ada offline help adanya online help, Mengharuskan update berkala, Tidak ada Developer tool (kalaupun ada itu harus diinstall dari pihak ketiga), Error Console yang sulit digunakan, Paling lama saat load pertamanya.

          Kunjungi http://www.mozilla.org

4. Google Chrome 7.0.517.44

          Fasilitas: Jendela Penyamaran Baru, Dukungan Pihak ketiga, Skin Tema, Web Search terintegrasi dengan web address, Ringkas, Ringan, tersedia versi bahasa Indonesianya, Manager Tugas.

          Kekurangan: Tidak ada offline help, Update berkala, Fasilitas Zoom menarik tapi kurang maksimal (angka 100% tidak berubah ketika kita merubah setelan).

          Kunjungi http://www.google.com

 5. Safari 4.x.x

          Fasilitas: Maaf untuk pengguna Safari, saya melihat tidak ada yang spesial di browser besutan Apple ini, yang ada hanyalah fasilitas standar yang memang harus ada. Seperti Minimize, Download, Reset Safari (berfungsi mengembalikan Safari seperti pertama kali diinstall), Activity (Melihat tabs yang aktif), Bookmarks, Top Sites, Support berbagai OS, Offline help, Dukungan Online dan pihak ketiga.

          Kelemahan: Tidak ada fasilitas Work Offline, Apabila menyimpan menggunakan Safari, file tersebut hanya bisa dibuka menggunakan Safari saja, browser yang lain tidak bisa membukanya.

          Kunjungi http://www.apple.com

           Setelah mengetahui peringkat berdasarkan fasilitasnya, kita akan coba untuk memilih browser mana yang paling cocok untuk kondisi/keadaan tertentu. berikut penjelasannya:

          1.  Untuk keadaan hotspot

               Gunakan browser yang ringan, mengingat bahwa biasanya kalau hotspotan, bukan hanya kita saja yang memakai. Hotspotan biasanya digunakan pada kondisi/sasaran khalayak ramai, yang benar-benar ramai. Jadi lalu lintas data juga agak padat. Saran saya, gunakan Google Chrome.

          2.  Online dengan hape

               Browser ringan dapat menjadi solusi. Hal ini dikarenakan bahwa OL dengan hape dapat diibaratkan sama dengan hotspotan. Saran saya, gunakan Opera mini (jika menggunakan hape yang tidak terhubung dengan PC) atau Google Chrome (jika hape terhubung dengan PC/hape sebagai modem).

          3.  Internetan di Warnet

               Warnet identik dengan tempat penyimpanan berbayar. Entah itu yang disimpan adalah file sehat (tak bervirus dll) ataupun file rusak (bervirus). Dan yang paling penting adalah keamanan saat online. Maka dari itu gunakan browser yang aman dan mampu menghadang serangan dari luar. Saran saya, gunakan Internet Explorer versi 8 dan sesudahnya, karena IE 8 dan sesudahnya punya fasilitas anti Phishing Filter dan Pop-up Blocker. Saran kedua saya, gunakan Google Chrome, biar cepat dan hemat biaya dan saran saya ketiga adalah gunakan Mozilla Firefox, lumayan.

          4.  Sasaran web

               Kalau ditinjau dari sasaran web yang akan kita kunjungi, ada baiknya gunakan browser yang benar-benar benar, he he he…. Jadi begini, saya punya pengalaman dengan hal ini. Saya punya blog, alamatnya http://zakiaalfatikhulaziz.spaces.live.com. Pikir saya, saya mau gunakan browser yang ringan aja, biar donlotan saya tidak mati, saya gunakan Google Chrome (GC), saya ketikkan alamat itu, saya tekan enter, loading… dan eh, ternyata GC hanya menampilkan tulisan-tulisan yang tidak saya pahami. Saya pikir, blog saya itu di hack orang, tapi setelah saya coba di IE, semuanya OK-OK saja tuh? Setelah kejadian ini, saya bisa ambil pelajaran bahwa beberapa alamat web tidak kompatible dengan browser tertentu. Saran saya, untuk amannya, gunakan browser yang benar-benar benar, seperti IE, Opera dan Firefox serta Safari.

          5.  Membuka file secara offline

               Internet Explorer dapat menjadi solusi. IE punya fasilitas Compatibility View yang dapat membantu pengguna untuk melihat file offline dengan kemampuan IE 7 maupun IE 8. Kalau pingin ringan, gunakan Google Chrome. saran lain gunakan Opera dan terakhir gunakan Firefox.

          6.  127.0.0.1

               Membuat web secara online memang mengasyikkan, namun itu harus dibayar mahal dengan pengeluaran yang besar pula. Beberapa tahun terakhir muncul CMS (Content Management System) yang mampu membantu pembuatnya untuk membuat halaman web secara offline, dengan alamat standar http://127.0.0.1/Alamat_yang_diinginkan ataupun http://localhost/Alamat_yang_diinginkan.

               Karena saat perancangan tidak membutuhkan biaya tambahan untuk membayar biaya internet, maka hendaknya kita manfaatkan kesempatan ini untuk merancang halaman web dengan seindah mungkin. Kombinasi beberapa browser dapat menjadi solusi (ingat point 4). Beberapa browser mungkin kompatibel dengan desain web yang kita buat, namun yang lain belum tentu. Saran saya, gunaka Internet Explorer 8 terlebih dahulu, kemudian Opera, baru Firefox dan Google Chrome dan yang terakhir gunakan Safari.

          7.  Kondisi lain

               Untuk kondisi di luar kondisi di atas, Sara saya, gunakan Opera atau Internet Explorer, kemudian Mozilla Firefox, Google Chrome dan yang terakhir adalah Safari.

          Demikianlah hasil penelitian sederhana saya tentang penggunaan web browser dan efeknya.

          Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

3 responses »

  1. anang says:

    menurut saya google chrome lebih cepat untuk modem. bisa buat perbandingan.. trimakasih..

    • ifqo says:

      Memang betul, Google Chrome memang ringan, tapi perlu diingat, ini adalah browser baru yang (mungkin) masih banyak bug/kelemahan dibandingkan dengan IE, Opera atau Firefox. Namun untuk sekedar Lihat status FB atau sejenisnya, GC bisa menjadi Solusi Efektif. Terima kasih untuk infonya, semoga bermanfaat,,,

  2. […] Silang/TTS dan ingin mendapatkan TTS terbaru dengan tema yang bemacam-macam yang bisa dimainkan di web browser semisal IE ataupun Firefox? Tak perlu khawatir lagi. Kini sudah hadir blog bertemakan teka-teki […]

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s