بسم الله الر حمن الر حيم

 

MessageBox adalah salah satu bagian penting dari suatu aplikasi/software. Fasilitas ini akan memberikan gambaran tentang apa yang sedang terjadi pada aplikasi yang sedang kita gunakan, Misalnya seperti kesalahan, tidak menemukan apa yang dicari dll. Mungkin akan lebih jelas dengan gambar, berikut gambarnya:

Sudah jelas bukan apa itu MessageBox? Okelah kalau begitu, kita akan ke tahap selanjutnya. Kita akan membuat MessageBox dengan bahasa C#, berikut penjelasannya:

MessageBox pada C# bermacam-macam jenis dan fungsinya. Secara umum, fungsi dari MessageBox sudah saya jelaskan di atas, tinggal kita mau menggunakan mana yang cocok dengan aplikasi yang kita buat. Dalam suatu MessageBox, terdapat beberapa komponen yang mendukungnya, sehingga jelaslah apa maksud kemunculan dari MessageBox tersebut. Komponen-komponen yang dimaksud adalah teks keterangan di head, teks keterangan di body, button dan icon. Saya coba jelaskan satu-persatu:

1. Teks yang muncul di head suatu MessageBox
Teks ini menjelaskan tentang Informasi umum yang akan dimunculkan apabila suatu aplikasi terjadi sesuatu, misal (yang saya lingkari, berwarna merah):

2. Teks yang muncul di body suatu MessageBox
Menjelaskan tentang Informasi khusus yang menjelaskan secara detail apa yang sedang terjadi pada aplikasi, misal (saya lingkari dengan warna merah):

3. Button
Button di MessageBox adalah suatu pilihan, apakah pengguna akan melakukan yang direkomendasikan oleh suatu aplikasi, atau pengguna akan memilih sendiri apa yang diinginkannya, contoh (saya lingkari merah):

Button di MessageBox C# ada bermacam-macam. Ada 6 macam button, seperti AbortRetryIgnore, OK, OKCancel, RetryCancel, YesNo, YesNoCancel. AbortRetryIgnore akan memunculkan 3 buah Button, masing-masing bertuliskan Abort, Retry dan Ignore. begitu juga dengan yang lain, masing-masing akan memunculkan Button yang bertuliskan sama dengan yang ada.

4. Ikon
Ikon mampu menjelaskan apakah pesan yang disampaikan adalah pesan yang penting atau sekedar informasi yang tidak fatal akibatnya, misal (saya lingkari merah):

Jenisnya ada 9, masing-masing menggambarkan sesuatu penjelasan. Asterisk punya ikon berbentuk huruf “i” dan dilingkari seperti dalam kartun kalau sedang berbicara, berwarna biru. Exclamation berikon tanda seru di dalam segitiga berwarna kuning. Information punya ikon yang mirip dengan Asterisk. Question berikon tanda tanya di dalam bulatan berwarna biru. Error punya ikon tanda silang di dalam lingkaran berwarna merah. Hand ikonya sama dengan Error. None akan menampilkan MessageBox tak berikon. Stop mirip dengan Error. Sedangkan Warning, ikonnya mirip dengan icon pada Exclamation.

Berikut ini akan saya berikan kode bagaimana cara memunculkan MessageBox di C#:

MessageBox.Show(“TeksBody”, “TeksHead”, MessageBoxButtons, MessageBoxIcon);

Jadi secara umum, begitulah cara menuliskan kode untuk memunculkan MessageBox pada bahasa C#. Anda tinggal mengisikan/mengganti “TeksBody”, “TeksHead” dengan teks lainnya, terserah anda. Begitu pula pada MessageBoxButtons dan MessageBoxIcon, anda tinggal menyesuaikan maksud dari MessageBox yang akan anda gunakan tersebut, misal: MessageBox.Show(“Apa data yang ada akan disimpan?”, “Konfirmasi”, MessageBoxButtons.YesNoCancel, MessageBoxIcon.Question);

Untuk memperjelas, silakan download aplikasi ini, namanya MessageBox Viewer n Generated Code versi 1:
MessageBox Viewer n Generated Code (installer)

Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s