بسم الله الر حمن الر حيم

           Selamat tahun baruuuu 2011,,,

          Begitulah kiranya kata yang sering terdengar dari setiap orang (memang tidak semua orang sih, tapi kebanyakan bilang gitu). Memang, tidak ada yang salah dengan ucapan itu, namun bagi sebagian orang, tahun baru dimaknai sebagai, yaahh, hanya sebatas saatnya rame-rame, saatnya pesta, saatnya hura-hura dll. Tidak ada yang salah dengan rame-rame, pesta-pesta dll, namun biasanya, saat tahun baru, rame-rame yang saya maksud ini akan menjadi rame-rame yang kebablasan, pesta yang kebablasan pula. Hal semacam ini pasti tidak akan luput dari pesta minuman keras, pesta seks dll.

          Bagi sebagian orang yang lain, tahun baru dapat bermakna spirit baru, dan kualitas baru. Tahun baru adalah kebahagian semua orang (seharusnya begini). Karena di tahun baru, setiap orang masih punya kesempatan untuk memperbaiki diri, memperbaiki kualitasnya dan memperbaiki hubungan dengan yang maha kuasa. Dengan dipertemukan dengan tahun baru, berarti Allah swt masih mempercayai dan memberi waktu untuk kita agar menjadi orang yang baik dan lebih baik dari tahun lalu.

          Bagi saya pribadi, tahun baru bermakna kesempatan baru dan hidup baru. Tidak ada kata terlambat, tidak ada kata tidak bisa dan tidak ada kata tidak mungkin. Ingatkah anda pada sabda rasulullah saw (yang artinya):

          “Orang yang lebih baik dari hari kemarin adalah orang yang beruntung

          Orang yang sama saja dengan hari kemarin adalah orang yang rugi

          Orang yang lebih jelek dari hari kemarin adalah orang yang bangkrut”

          Begitu dalam makna dari hadits ini, bagi siapa yang ingin menjadi orang yang beruntung, maka hendaknya lebih baik dari tahun lalu, sedangkan siapa yang menginginkan rugi maka jangan rubah diri anda, samakan dengaan tahun lalu dan jika orang inginkan dirinya termasuk orang yang bangkrut maka jadikanlah ia lebih buruk dari tahun lalu. Kita ini (hendaknya) seperti pedagang yang menjual barang dagangan, ia menginginkan barang dagangannya habis terjual dan mendapat keuntungan yang bertambah setiap harinya.

          Selalu ada harapan di hari yang baru, begitu pula di tahun yang baru. Mungkin kita menginginkan harapan yang sama namun kenyataan tak pernah sama. Justru dengan kenyataan yang berbeda inilah kita sebagai seorang manusia selalu mendapat harapan baru. Harapan yang lalu mungkin tidak tercapai, maka Tuhan menggantikan harapan yang mungkin dapat kita capai walau menurut anda itu berbeda (jangan putus asa), tapi yakinlah bahwa Tuhan tak pernah mendholimi hambanya, ingatkah pada sabda baginda rasulullah saw (yang artinya):

          “Jika di tanganmu ada sebutir biji kurma, sedangkan engkau tahu besok adalah hari kiamat, maka hendaklah kamu tanam biji kurma tersebut”

          Hadits di atas menggambarkan bahwa bahwa kita sebagai hamba Tuhan, jangan pernah putus asa dalam menatap masa depan. Tentunya harus diimbangi dengan usaha dan doa. Harapan tahun baru, pemupus luka tahun lalu, penebus dosa masa lalu.

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

3 responses »

  1. Muf says:

    betul tu… jadi jangan cuman makan dan tidur untuk gemukin perut, lihat banyak hal yang harus kita lakukan, hari ini yang kita lalui akan sangat berharga jika kita bisa membuat orang lain tersenyum, apalagi yang tersenyum itu orang yang paling kita cintai.
    semoga tulisan nya dapat menjadi spirit untuk lebih baik di tahun ini. cepet selesai ya zak… sudah banyak yang nunggu makan-makan wisudamu, he….he… peace!!!
    Aq kemarin tahun baru berpesta di sebuah desa yang sangat sejuk, asri, masih natural, dengan segala kekurangan itu sangat menikmatinya, karena bisa bersua dengan keluarga…
    serasa hidup berharga karena kita selalu dinanti untuk kembali…

  2. Muf says:

    Oh ya lupa zak… jangan cuman ditulis di blog lo ya… bener-bener dipraktekin…. kalo cuman nulis doanx mah… Ahimsa juga bisa. wkwkw…..

  3. ifqo says:

    Dh Beres kok MUP,,,

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s