بسم الله الر حمن الر حيم

          Tak salah jika ada orang yang mengatakan bahwa teknologi itu membantu manusia. Karena saya adalah salah satu “korban” dari canggihnya teknologi yang membantu saya. Saya adalah pengguna Windows Live Writer versi 14 dan saya sudah merasakan kecanggihannya terutama dalam mengelola postingan blog saya yang berdomisili di wordpress. Berbeda dengan editor WordPress yang melulu harus online, WLW (begitu saya menyebutnya) bisa membantu saya untuk membuat postingan (membuat dan mengedit) secara offline. Ditambah lagi dengan fitur-fitur nomer wahid yang siap memanjakan penggunanya.

          Bagi anda pengguna Microsoft Office Word pastinya tidak akan asing lagi dengan menu dan toolbar yang berisikan tombol-tombol perintah mirip MS Office Word tersebut. Misalnya:

          WLWa

          Ditambah lagi dengan kemudahan membuat sebuat post/artikel. Hanya dengan sekali klik, kita sudah mendapatkan halaman dan toolbar yang siap membantu kita dalam mengelola postingan bahkan, tombol untuk membuat “read more” pun ada (ini tergentung dari provider yang anda gunakan, apabila provider menyediakan, maka otomatis WLW juga akan menyediakan). Dan setelah kita selesai menulis postingan, tinggal klik aja tuh tombol bertuliskan “Publish”. Dah, gitu tok🙂.

          Berikut ini akan saya berikan cara untuk menyeting WLW agar bisa digunakan untuk membuat-mengedit dan mempublishkan post/review:

  1. Jika anda belum memiliki Aplikasi ini, silakan download dulu di sini untuk download dan install secara online
  2. Setelah Download, installlah aplikasi tersebut
  3. WLW adalah satu bagian dari 6 bagian lain yang tergabung dalam keluarga Windows Live (Isi dari Windows Live adalah: Windows Live Call, Windows Live Family Safaty, Windows Live Mail, Windows Live Messenger, Windows Live Photo Galery dan Windows Live Writer)
  4. Saatnya Rehat Kopi karena installnya cukup lama
  5. Setelah selesai, saatnya konfigurasi
  6. Klik Menu “Blogs” (saya lingkari merah)

          WLW1a Klik “Add blog account…”

    7.  Akan muncul Window seperti gambar di bawah ini:

WLW2a Pilih provider blog anda (saya menggunakan WordPress, jadinya saya pilih yang bertuliskan “Other blog service”), klik Next

   8.  Akan muncul gambar:

WLW3a Isikan alamat blog anda, kalau saya sih di https://ifqo.wordpress.com, kalau anda? Isikan juga Username dan Password, klik Next

   9.  Akan muncul Window:

          WLW4a Ganti tulisan “<blogname>” pada “http://<blogname>.wordpress.com/xmlrpc.php” dengan blog anda. Misal blog anda beralamat di https://ifqo.wordpress.com, ganti tulisan “<blogname>” dengan “ifqo” tanpa tanda petik, seperti gambar di bawah ini:

          WLW5a Klik Next dan sembari menunggu, minumlah kopi yang dari tadi belum habis diminum sejak install WL

  10.  Anda sudah memiliki WLW dengan fasilitas bawaan + fasilitas provider

Selamat mencoba.

Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

3 responses »

  1. Muf says:

    mau nanya pak… di internet kok banyak sekali scam ya… gimana cara nya mbedain iklan yang menipu dan yang tidak. dan yang terpenting bagaimana caranya kita dapat berbisnis di internet dengan mudah, halal, banyak, barokah, dan ga banyak resiko… ha…ha… harus tahu jawabannya lho… kan Zakia ahlinya.

  2. guru ngelmu says:

    mas zakia gimana caranya memasang link teman ke blog kita? terima kasih….

  3. ifqo says:

    Ke Blogroll Mas,,,

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

