بسم الله الر حمن الر حيم

          Beredar kabar bahwa semakin banyak komentar pada suatu blog, akan menaikkan nilai dari blog tersebut. Ya, kalau percaya, silakan, tidak percaya-pun, silakan🙂. Semua kembali kepada masing-masing pribadi, monggo. Bagi saya sendiri, kabar ini saya respon positif. Yah, kalau dinalar, ibarat presiden dengan pengemis. Kalau presiden, akan semakin banyak orang yang “mengomentari” semua tingkah lakunya (bahkan kalau sedang sakit perut-pun, para komentator akan siap mengometarinya). Tapi kalau pengemis, jangankan mengomentari, melihat saja pasti banyak yang akan menghindarinya, tidak mau peduli.

          Masih membahas topik di atas, bagi saya, apa yang sudah saya tuliskan di blog ini akan sangat penting artinya jika ada yang mengomentari, walaupun itu sekedar kata-kata backlink connector. Karena saya termasuk yang masih buta. Ilmu yang baru saya dapat masih seputar tentang komentar-komentar yang masuk akan menjadi backlink bagi penulisnya dan akan meaikkan nilai blog tersebut. Saya sendiri mengenal blog sudah beberapa tahun yang lalu. Saya punya blog di Blogspot, Windows Spaces Live dan WordPress, namun, waktu itu saya belum tahu kalau sebuah komentar akan sangat berpengaruh bagi perkembangan blog ke depannya, maka dari itu, saya biarkan saja blog itu tak berkomentar.

          Saya mulai ngeblog lagi setelah ada peringatan dari tempat saya ngeblog dulu tentang akan tutupnya layanan blog tersebut dan mengharuskan saya pindah ke WordPress. Waktu itu saya acuhkan saja peringatan itu, tapi karena terus muncul setiap saat saya masuk sebagai admin, maka saya menjadi bosan dan akhirnya saya ya manut aja ma yang di atas, karena saya adalah orang (yang mencoba menjadi) baik. Blgo saya yang sebelum ini, tidak ada satupun komentar yang masuk, kecuali komentar saya sendiri sebagai admin yang sekedar mengucapkan terima kasih kepada pengunjung yang mau menuliskan komentar.

          Beberapa waktu kemudian, saya baru menyadari bahwa layanan penyedia blog tersebut kurang populer di telinga/di mata para blogger. Dan alasan ini yang saya gunakan untuk menjawab pertanyaan saya ini: kenapa tidak ada komentar yang masuk? Namun setelah saya pindah ke WordPress, lumayan banyak blogger yang mau berkomentar dan saya mengucapkan terima kasih akan hal itu.

          Sekarang, kalau anda berkomentar, asalkan tidak malu-maluin, pasti akan saya follow, seperti judul di atas “You Comment, I Follow”, insya Allah,🙂. Karena saya menyadari bahwa saya bukanlah orang yang ahli dalam urusan blog-ngblog, maka saya menerima saran lewat komentar-komentar yang dituliskan oleh komentator-komentator di blog ini. dan saya akan sangat menghargai komentar-komentar anda, insya Allah.

          Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

4 responses »

  1. dinneno says:

    saya jg bkn yg ahli dlm ngeblog..saya masih bau kencur di dunia blogging..
    Mohon kerja sama nya.

  2. Muf says:

    ya…. ya… pak… tak bantuin biar blogmu naik ratting deh. toh ga da ruginya membuat sahabat tersenyum bahagia… kwkw… cuman saran q blognya yang punya cirikhas dong. kalau emang blog tentang iPtek, ya artikel dan tulisannya semua yg mengenai hal itu, ga sembarangan tulisan masuk pak, bsk ttg komputer, bsk ttg sejarah kenabian dsb. tu ja… moga berhasil… terus semangat!!!!! Cayooo….

  3. ifqo says:

    Anu kok bu’, mau sekalian berdakwah,,,🙂,,,

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

