بسم الله الر حمن الر حيم

          Sebelumnya, saya tidak bermaksud melecehkan salah satu pihak yang saya tulis di sini.

          Saya akan tunjukkan mengapa saya mengambil judul seperti di atas (akan saya bandingkan dengan bahasa negara tetangga yang sering bikin ulah, Malaysia)

INDONESIA: Kementrian Agama
MALAY: Kementrian tak Berdosa

(Keterangan: Wah, bukan Manusia tuh, Malaikat kaleeeee)

***************

INDONESIA : Kementerian Hukum dan HAM
MALAYSIA : Kementerian Tuduh Menuduh

(Keterangan: Wee, Maling teriak maling)

***************

INDONESIA : Angkatan Udara
MALAYSIA : Laskar Angin-Angin

(Keterangan: Maksudnya? Kalau di Indonesia ada Laskar Pelangi, keren kan?)

***************

INDONESIA : “Pasukan, bubar jalan !!!”
MALAYSIA : “Pasukan, cerai berai !!!”

(Keterangan: Pasukan, Kawin Cerai !!!)

***************

INDONESIA : Pasukan terjun payung
MALAYSIA : Aska begayut

(Keterangan: ???)

***************
INDONESIA : belok kiri, belok kanan
MALAYSIA : pusing kiri, pusing kanan

(Keterangan: Pasukannya pada pusing 7 keliling, tapi karena dua kali jadinya pusing 14 keliling, ampun dah)

***************
INDONESIA : Departemen Pertanian
MALAYSIA : Departemen Cucuk Tanam

(Keterangan: Yuk mariii)

***************
INDONESIA : 6.30 = Jam Setengah Tujuh
MALAYSIA : 6.30 = Jam Enam Setengah

(Keterangan: Jam 6,5)

***************
INDONESIA : Gratis Ngobrol 30 Menit
MALAYSIA : Percuma Berbual 30 Minit

(Keterangan: Emang Percuma kok)

***************
INDONESIA : Tidak Bisa
MALAYSIA : Tak Boleh

(Keterangan: Yaaa, manut)

***************

INDONESIA : Kereta Api
MALAYSIA : Gerabak – Gerabak

(Keterangan: Gerobak kali)

***************

INDONESIA:Angkatan Darat
MALAY: Laskar hentak-hentak bumi
(Keterangan: Wah, suruh mijitin aku aja tuh)

***************

INDONESIA: Merayap
MALAY: Memeluk bumi
(Keterangan: Weee, negara sekecil itu mo memeluk bumi, pantesan orang-orangnya suka berhayal tuk miliki tanah yang luas, karena gak tercapai akhirnya jadi Maling deh)

***************

INDONESIA: Rumah Sakit Bersalin
MALAY: Hospital KORBAN LELAKI
(Keterangan: Hmm, Hmm, Berarti yang boleh masuk cuma perempuan tok ya?)

***************

INDONESIA: Satpam
MALAY: Penunggu maling
(Keterangan: Wah, kok mirip peran Anjing ya?)

***************

INDONESIA:Dokter Ahli Jiwa
MALAY: Dokter gila
(Keterangan: Pantesan orang malingsia pada gila, dokternya aja gila)

***************

INDONESIA: Traktor
MALAY: Setrikaan Bumi
(Keterangan: Buka Loundry aja bu,,,)

***************

INDONESIA: POCONG
MALAY: HANTU “BUNGKUS”

(Keterangan: Pesen atu bang)

***************

INDONESIA : Aduk
MALAYSIA : Kacau

(Keterangan: Bener-bener KACAU)

***************
INDONESIA : Diaduk hingga merata
MALAYSIA : kacaukan tuk datar

(Keterangan: Mana bisa?)

INDONESIA : 7 putaran
MALAYSIA : 7 pusingan

(Keterangan: Tetep 14 Keliling)

***************
INDONESIA : Imut-imut
MALAYSIA : Comel benar

(Keterangan: Gw Banget, :))

INDONESIA : Pejabat Negara
MALAYSIA : Kaki Tangan Negara

(Keterangan: Mana yang kanan? Mana yang kiri?)

***************
INDONESIA : Bertengkar
MALAYSIA : Bertumbuk

(Keterangan: Tabrakan kaleee)

***************
INDONESIA : Pemerkosaan
MALAYSIA : Perogolan

(Keterangan: Gak mau komen ah)

***************
INDONESIA : Pencopet
MALAYSIA : Penyeluk Saku

(Keterangan: Masih tak paham)

***************
INDONESIA : Joystick
MALAYSIA : Batang Senang

(Keterangan: Wow)

***************
INDONESIA : Tidur Siang
MALAYSIA : Petang Telentang

(Keterangan: Sebaiknya kalau telentang ya malam-malam aja, biar tetangga gak denger)

***************
INDONESIA : Air Hangat
MALAYSIA : Air Suam

(Keterangan: Suam-suam kuku, iiih, sweet banget seeeh)

***************
INDONESIA : Terasi
MALAYSIA : Belacan

(Keterangan: Sambal Balacan, mau dong)

***************
INDONESIA : Pengacara
MALAYSIA : Penguam

(Keterangan: Macan kalee)

***************
INDONESIA : Pembawa acara
MALAYSIA : Pengacara

(Keterangan: Pasal berapa bu?)

***************
INDONESIA : Ban
MALAYSIA : Tayar

(Keterangan: Gak mudeng)

INDONESIA : Remote
MALAYSIA : Kawalan Jauh

(Keterangan: Presiden kalee harus dikawal dari jauh)

***************
INDONESIA : Kulkas
MALAYSIA : Peti Sejuk

(Keterangan: Kalo Kulkasnya rusak, jadi Peti Mati dong?)

***************
INDONESIA : Chatting
MALAYSIA : Bilik Berbual

(Keterangan: Emang tau kalau cattingnya lewat ruangan,orang aku chattingan dari warung kok)

***************
INDONESIA : Rusak
MALAYSIA : Tak Sihat

(Keterangan: Otak kali tu yang tak sihat)

***************
INDONESIA : Keliling Kota
MALAYSIA : Pusing Pusing ke Bandar

(Keterangan: Bandar Judi? Tambah deh pusingnya jadi 21 keliling)

***************
INDONESIA : Tank
MALAYSIA : Kereta Kebal

(Keterangan: Dah disuntik rabies kali)

***************
INDONESIA : Kedatangan
MALAYSIA : Ketibaan

(Keterangan: Dah pake helm blm?)

***************
INDONESIA : bersenang-senang
MALAYSIA : berseronok

(Keterangan: Iiihh)

***************
INDONESIA : Bioskop
MALAYSIA : Panggung Wayang

(Keterangan: Eh, jangan salah ya, yang main bukan wayang kok)

***************
INDONESIA : Rumah Sakit Jiwa
MALAYSIA : Gubuk Gila

(Keterangan: Kalau Gubuk derita?)

***************

INDONESIA : Narkoba
MALAYSIA : Dadah

(Keterangan: Dadah sayang)

***************

INDONESIA : Pintu Ddarurat
MALAYSIA : Pintu Kecemasan

(Keterangan: Ha ha ha, kok gak pintu ketakutan?)

***************

INDONESIA : Sepeda
MALAYSIA : Basikal

(Keterangan: ???)

***************

INDONESIA : “OK lah, gw mo tidur sebentar”
MALAYSIA : “K larr, aku nak tido sekejap”
(Keterangan: Wah, mirip bahasa pulau Sumatra, jangan-jangan?)

***************

INDONESIA : Penghapus
MALINGSIA : Pemadam

(Keterangan: Penghapus Kebakaran, ha ha ha, wk wk wk)

***************

INDONESIA : toilet
MALAYSIA : bilik termenung

(Keterangan: Memang enak merenung di WC)

***************

INDONESIA : Angkatan Laut
MALAYSIA : Angkatan Basah Kuyup

(Keterangan: Rasain looo, Masuk angin sana loo)

***************

INDONESIA : Polisi
MALAYSIA : Pak Rela

(Keterangan: Wah, baik hati nih orang)

***************

INDONESIA : “Lo jangan kejar dia”
MALAYSIA : “tak boleh kau memburu dia”

(Keterangan: Emang binatang mo diburu)

***************

INDONESIA : Selang Air
MALAYSIA : Karet

(Keterangan: Kalau Karet yang itu, apa namanya?)

***************

INDONESIA : Jalan-jalan
MALAYSIA : Makan angin

(Keterangan: Masuk angin lho ntar)

***************

INDONESIA : Helm
MALAYSIA : Topi Keledar

(Keterangan: ???)

***************

INDONESIA : Sabuk pengaman
MALAYSIA : Tali ikat pinggang keledar

(Keterangan: ???)

***************

INDONESIA : Sepatu
MALAYSIA : Kasut

(Keterangan: Kasut loo)

***************

INDONESIA : Kementerian Kehutanan
MALAYSIA : Kementerian Semak Belukar

(Keterangan: Wah, pasti gatal-gatal tuh Menteri)

 

Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

6 responses »

  1. muadie says:

    aku makin cinta bahasa indonesia….

  2. Muf says:

    Kenapa yang dijadikan perbandingan cuman malaysia? wah ini membuat jurang lebih dalam nih….

  3. ifqo says:

    Ya karena yang mirip tapi tak sama ya cuma itu,,,
    Masa mo dibandingin sama bahasa Jerman, atau Jepang, kan gak bisa lihat perbedaan/persamaannya,,,

  4. goceng blog says:

    Xi..Xi…Xi.. lucu dan aneh2 gan

  5. askar says:

    saya orang malaysia. banyak perkataan-perkataan yang kamu kata bahasa malaysia itu, saya tidak pernah dengar, malah tidak pernah kami gunakan.

    maka ini bukan comparison yang benar dengan bahasa malaysia.🙂

    salam takzim.

    • ifqo says:

      Dengan segala kerendahan hati, saya tidak bermaksud menjelekkan suatu dengan suatu yang lain,,,
      Salam takzim,,,

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s