بسم الله الر حمن الر حيم

          Alhamdulillah, udah kurang lebih 14 bulan blog-ku hidup, walaupun harus ngos-ngosan karena si empunya males ngasih napas (males nulis – empunya). Yah, sudah sepantasnyalah saya mengucap syukur kepada Allah swt, karena di tahun pertama blog ini sudah dapet ranking 1 (pagerank maksudnya) walaupun tiap bulannya, hanya setor maksimal 5 postingan aja (hanya ada 3 bulan yang tulisannya lebih dari 5).

          Saya mau menceritakan tentang sejarah blog ini; Blog ini muncul karena ada keinginan yang tidak terpenuhi. Keinginan itu adalah memiliki blog berdomain nama sendiri, bukan yang gratisan seperti blog ini. Namun karena tidak tersanggupi, akhirnya terpaksa make yang gratisan dulu. Dulu ada dua pilihan, pertama wordpress dan kedua blogger. Sempat tertarik untuk membuat blog di blogspot, karena ada iming-iming imbalan balik modal lewat adsense namun setelah dicoba ternyata adsense untuk blog gratisan sudah tidak berlaku lagi (agak kecewa sih, tapi kalau teriak juga buat apa, google gak akan peduli). Selain itu, blogger juga support javascript. Blogger juga ampuh dalam penataan desain, mendukung adanya iklan yang bisa menambah dollar dan sebagainya dan sebagainya.

          Sedangkan wordpress, sudah gak bisa pasang javascript, gak boleh ada iklan yang penghasilannya tinggi lagi, wagu. Tapi, wp bisa bisa disetting pada kondisi offline. Yah, walaupun hal ini berlaku saat kondisi offffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffffline (hehe, kebanyaka f-nya ya, gpp!!!), tetap saja menarik buat dipelajari. Kembali ke awal; Akhirnya terpilihlah wordpress sebagai sarana pelampiasan kemarahan, kekecewaan , kekurangan dll dll. Walaupun dengan segala kekurangannya, wp tetap saja menarik hatiku. Ditambah lagi (katanya) lebih seo friedly daripada miliknya google.

          Saat pertama menggunakan wp, saya sempet bingung. Tanpa pikir panjang, saya minta bantuan ama teman (mas FEBRY DWI SAPUTRO namanya, ini FB-nya: http://www.facebook.com/febridwisaputro) (kalo alamt fb saya: http://www.facebook.com/ZakiaAlfatikhulAziz) untuk pasangin lha sayanya terima jadi, gitu. Eh, lha dhalah ternyata gampang banget nyetingnya, tak kirain sulit. Masalah selanjutnya adalah theme wp, lumayan bingung juga milihnya, ada banyak. Tapi kemudian hati saya tertaut pada tema yang dibuat oleh Stefan Nagtegaal and Steven Wittens, nama temanya adalah Garland. Tema ini mengingatkan saya kepada cms drupal, mirip banget. Akhirnya untuk beberapa bulan saya pake tema itu dan merasa cocok. Selain itu saya juga berjanji dalam hati bahwa tidak akan gati tema lagi.

          Namun apa yang terjadi, saya merasa bosan dengan tema itu. Selain antara tulisannya menjadi tidak ada jarak, juga terlalu memenuhi layar, blog menjadi tampak berantakan. Kalo udah gini, gak ada cara lain selain harus ganti tema. Seperti pada waktu awal buat blog ini, saya masih saja kebingungan  buat milih tema blog yang yang cocok. Untuk sementara saya tinggalkan dlu blog saya dan surfing mencari blog berbasis wp untuk saya lihat temanya, akhirnya saya menemukan blog berbasis wp yang temanya menarik. Tema ini membuat tampilan “Home” menjadi lebih segar dan nampak luas. Dengan warna biru agak muda dan pada bagian footer berwarna hijau. Nama tema ini adalah Brand New Day yang dibuat oleh Caroline Moore. Merasa cocok dengan tema ini, saya langsung pasang dan mulai menulis artikel ini (gak mutu ya? biarin!!!).

          Dan akhirnya, inilah akhir dari tulisan ini, saya harap anda tidak keberatan dan kecewa untuk membaca samapi selesai.

          Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s