بسم الله الر حمن الر حيم

ABSTRAK

RIQOH AKHMILANI R, S.Pd.I Meningkatkan Hasil Belajar Perkalian Bilangan Dengan Penjumlahan Berulang Menggunakan Pendekatan Inkuiri Pada Siswa Kelas II Semester II Sd N 01 Petukangan Tahun Pelajaran 2010/2011

Kata Kunci : Pendekatan Inquiry

          Orientasi pendidikan di Indonesia pada umumnya mempunyai ciri-ciri cenderung memperlakukan anak didik berstatus sebagai obyek, guru berfungsi sebagai pemegang otoritas tertinggi keilmuan dan indoktrinator. Tampak bahwa dalam pembelajaran guru lebih berperan sebagai subyek pembelajaran atau pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa sebagai obyek, serta pembelajaran tidak mengkaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pembelajaran tersebut masih didominasi dengan pendekatan abstrak dan metode ceramah serta pemberian tugas. Masih jarang yang menggunakan pendekatan nyata yang membuat siswa aktif menggunakan alat peraga. Hal ini mengidentifikasikan bahwa dalam pembelajaran di sekolah guru masih menggunakan cara-cara tradisional atau konvensional.

          Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari dan Februari. Subjeknya adalah siswa kelas II. Objek penelitian adalah Kompetensi Dasar perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka dengan teknik penjumlahan berulang.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Dalam analisis data digunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang dilakukan terhadap data yang berupa angka-angka statistik sehingga memperoleh penafsiran data-data penyajian hasilnya. Deskriptif (Descriptive Research), yaitu penelitian yang dilakukan secara sisitematis terhadap catatan atau dokumen sebagai sumber data, disebut juga Penelitian Analisis Dokumen atau Analisis Isi. Yang bertujuan untuk mendiskripsikan apa-apa yang saat ini berlaku, di dalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, analisis dan menginterpretasikan kondisi-kondisi yang sekarang ini terjadi atau ada.

          Dari PTK yang telah dilakukan, pembelajaran menggunakan pendekatan inquiry dapat menningkatkan hasil belajar siswa tentang perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka dengan teknik penjumlahan dengan KKM 51. Dari nilai rata-rata Ulangan Harian pertama sebagai kondisi awal sebesar 33% dapat ditingkatkan menjadi 71% pada UH kedua sebagai hasil tindakan pada siklus I. Hasil belajar ini meningkat menjadi 96% berdasarkan hasil UH ketiga sebagai hasil tindakan pada siklus II.

          Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan pada rekan guru untuk mengimplementasikan berbagai teknik dari pendekatan inquiry dalam proses belajar mengejar dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar.

          Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

 

Untuk: Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  selanjutnya, silakan klik

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 3

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 4

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 5

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 6

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

5 responses »

  1. […] Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 1 […]

  2. […] Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 1 […]

  3. […] Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 1 […]

  4. […] Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 1 […]

  5. […] Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 1 […]

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s