بسم الله الر حمن الر حيم

BAB III

METODE PENELITIAN

          Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai.

          Dalam penelitian tindakan ini menggunakan bentu guru sebagai peneliti, penanggung jawab penuh penelitian tindakan adalah praktisi (guru). Tujuan utama dari penelitian tindakan ini adalah meningkatkan hasil pembelajaran di kelas dimana guru secara penuh terlibat dalam penelitian mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.

          Penelitian ini akan dihentikan apabila ketuntasan belajar secara kalasikal telah mencapai 85% atau lebih.

A. Lokasi, Subyek dan Waktu penelitian

  1. Lokasi Penelitian

        Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN 01 Petukangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.

   2.  Subyek Penelitian

       Subyek penelitian ini adalah pembelajaran siswa kelas II SDN 01 Petukangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa kelas II: 24 yaitu 11 laki-laki dan 13 perempuan.

3.     Waktu Penelitian

        PTK ini dilaksanakan :

        Siklus 1, pada hari Rabu, 19 Januari 2011

        Siklus 2, pada hari Rabu, 02 Februari 2011

B. Sumber Data

          Sumber data dalam PTK ini berasal dari sumber data primer : nilai ulangan harian. Sumber data sekunder : data hasil pengamatan yang dilakukan oleh teman sejawat.

C. Teknik Pengumpulan Data

          Penelitian ini merupakan penelitian penemuan, yaitu dengan sengaja menggunakan pendekatan inquiry pada Kompetensi Dasar Perkalian Bilangan yang hasilnya bilangan dua angka dengan teknik penjumlahan, untuk dilihat pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa.

  1. Sumber Data

        Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru kelas serta peneliti.

   2.  Jenis Data

          Dalam penelitian ini, data diperoleh melaui penilaian kelas yang dimaksud adalah ulangan harian yang dilengkapi dnegan pekerjaan rumah (PR). Hasil tes, observasi, dan siklus 2 observasi digunakan untuk memperoleh data yang menggambarkan sifat ilmiah siswa (aspek sikap), sedangkan PR, produk untuk memperoleh data yang menggambarkan penguasaan konsep siswa terhadap materi pembelajaran (aspek kognitif).

D. Valiasi Data

          Dalam setiap penelitan diperlukan data-data yang valid atau jelas. Valid atau tidaknya untuk penelitian ini dapat dilihat dari beberapa instrument yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas yang peneliti laksanakan.

          Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari:

1. Silabus

    Yaitu seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran pengelolahan kelas, serta penilaian hasil belajar.

2. Rencana Pelajaran (RP)

   Yaitu merupakan perangkat pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman guru dalam mengajar dan disusun untuk tiap putaran. Masing-masing RP berisi kompetensi dasar, indicator pencapaian hasil belajar, tujuan pembelajaran khusus, dan kegiatan belajar mengajar.

3. Lembar Kegiatan Siswa

    Lembar kegaian ini yang dipergunakan siswa untuk membantu proses pengumpulan data hasil eksperimen.

4. Lembar Observasi Kegiatan Belajar Mengajar

    a. Lembar observasi pengolahan metode pemberian tugas belajar dan resitasi, untuk mengamati kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.

    b. Lembar observasi aktivitas siswa dan guru, untuk mengamati aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran.

5. Tes formatif

    Tes ini disusun berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Tes formatif ini diberikan setiap akhir putaran. Bentuk soal yang diberikan adalah pilihan ganda (objektif) 10 soal, isian 5 soal dan uraian 5 soal.

Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

Untuk: Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  selanjutnya, silakan klik

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 1

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 3

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 4

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 5

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 6

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 7

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 8

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 9

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

3 responses »

  1. […] Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 10 LD_AddCustomAttr("AdOpt", "1"); LD_AddCustomAttr("Origin", "other"); LD_AddCustomAttr("theme_bg", "7dbaea"); LD_AddCustomAttr("theme_border", "d8eaf9;"); LD_AddCustomAttr("theme_text", "111111"); LD_AddCustomAttr("theme_link", "3c96df"); LD_AddCustomAttr("theme_url", "3c96df"); LD_AddCustomAttr("LangId", "1"); LD_AddCustomAttr("Autotag", "technology"); LD_AddCustomAttr("Tag", "pendidikan"); LD_AddCustomAttr("Tag", "laporan-penelitian-tindakan-kelas-ptk"); LD_AddCustomAttr("Tag", "laporan-penelitian-tindakan-kelas-ptk-1"); LD_AddCustomAttr("Tag", "laporan-penelitian-tindakan-kelas-ptk-10"); LD_AddCustomAttr("Tag", "laporan-penelitian-tindakan-kelas-ptk-2"); LD_AddCustomAttr("Tag", "laporan-penelitian-tindakan-kelas-ptk-3"); LD_AddCustomAttr("Tag", "laporan-penelitian-tindakan-kelas-ptk-4"); LD_AddCustomAttr("Tag", "laporan-penelitian-tindakan-kelas-ptk-5"); LD_AddCustomAttr("Tag", "laporan-penelitian-tindakan-kelas-ptk-6"); LD_AddCustomAttr("Tag", "laporan-penelitian-tindakan-kelas-ptk-7"); LD_AddCustomAttr("Tag", "laporan-penelitian-tindakan-kelas-ptk-8"); LD_AddCustomAttr("Tag", "laporan-penelitian-tindakan-kelas-ptk-9"); LD_AddCustomAttr("Tag", "laporan-penelitian-tindakan-kelas-ptk-matematika-sd"); LD_AddSlot("wpcom_below_post"); LD_GetBids(); Bagikan ke teman:FacebookTwitterEmailPrintStumbleUponRedditLinkedInDiggLike this:LikeBe the first to like this post. […]

  2. namun berbagai penelitian telah mengungkap bahwa dalam prakteknya tujuan yang akan dicapai dari program sukar diidentifikasikan.

  3. Untuk tahun ini saya kembali melihat ada perubahan dalam penulisan saya, tampak lebih serius dan kaku.

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s