بسم الله الر حمن الر حيم

E. Analisis Data

          Silakan klik link ini sebagai bentuk dukungan kepada penulis tulisan ini: LINK INI

          Untuk mengetahui keefektivan suatu metode dalam kegiatan pembelajaran perlu diadakan analisa data. Analisis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Pendekatan kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui. Sedangkan pendekatan kualitatif disajikan dalam bentuk catatan lembar observasi. Hasil proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada mata pelajaran matematika Kompetensi Dasar Perkalian Bilangan yang hasilnya bilangan dua angka dengan teknik penjumlahan yang telah diteliti, dibahas kembali bersama teman sejawat untuk dianalisis untuk mengetahui kegagalan atau kesalahan yang dialami oleh penulis dan kemudian didiskusikan dengan teman sejawat untuk mencari penyelesaiannya yang efektif pada proses belajar mengajar pada tahap berikutnya.

          Untuk mengalisis tingkat keberhasilan atau persentase keberhasilan siswa setelah proses belajar mengajar setiap putarannya dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir putaran.

          Analisis ini dihitung dengan menggunakan statistik sederhana yaitu:

  1. Untuk menilai ulangan atu tes formatif

          Peneliti melakukan penjumlahan nilai yang diperoleh siswa, yang selanjutnya dibagi dengan jumlah siswa yang ada di kelas tersebut sehingga diperoleh rata-rata tes formatif dapat dirumuskan:

clip_image002

Dengan : clip_image004 = Nilai rata-rata

Σ X = Jumlah semua nilai siswa

Σ N = Jumlah siswa

2. Untuk ketuntasan belajar

          Ada dua kategori ketuntasan belajar yaitu secara perorangan dan secara klasikal. Berdasarkan petunjuk pelaksanaan belajar mengajar kurikulum 1994 (Depdikbud, 1994), yaitu seorang siswa telah tuntas belajar bila telah mencapai skor 65% atau nilai 65, dan kelas disebut tuntas belajar bila di kelas tersebut terdapat 85% yang telah mencapai daya serap lebih dari sama dengan 65%. Untuk menghitung persentase ketuntasan belajar digunakan rumus sebagai berikut:

clip_image006

F. Indikator Kebrhasilan

          Diharapkan dalam penelitian ini kondisi akhir atau hasil belajar siswa meningkat sesuai yang diharapkan setelah menggunakan pendekatan inquiry. Walaupun banyak kendala yang terjadi dalam penelitian ini, namun peneliti berharap hasilnya memuaskan.

          Pada kondisi awal dapat dilihat prosentase (yang sesuai KKM) adalah 33%, setelah dilakukan penelitian tindakan kelas (siklus I) didapatkan prosentase 71% , dan hasil akhir dari penelitian ini (siklus II) prosentasenya adalah 96%.

          Silakan klik link ini sebagai bentuk dukungan kepada penulis tulisan ini: LINK INI

G. Prosedur Penelitian

  1. Kondisi Awal
  2. Siklus I terdiri atas

        a. Perencanaan

            1). Menyiapkan RPP

            2). Menyiapkan lembar observasi

            3). Menyiapkan soal-soal

            4). Menyiapkan kamera untuk membuat foto kegiatan

        b. Pemecahan masalah

            1). Menyiapkan sumber belajar

            2). Mengembangkan format evaluasi dan observasi pembelajaran

         c. Implementasi/ tindakan

             1). Kegiatan awal

             2) Kegiatan Inti

             3) Kegiatan Akhir

          d. Pengamatan

             Melakukan observasi selama KBM berlangsung dan menilai hasil tindakan dalam lembar pengamatan.

          e. Refleksi

              1). Melakukan evaluasi tindakan yang telah dilaksankan

             2). Melakukan diskusi bersama teman sejawat untuk membahas dan memperbaiki hasil penelitian.

              3). Evaluasi tindakan I

  3. Siklus II terdiri atas

      a. Perencanaan

          1). Menyiapkan RPP

          2). Menyiapkan lembar observasi

          3). Menyiapkan soal-soal

          4). Menyiapkan kamera untuk membuat foto kegiatan

       b. Pemecahan masalah

           1). Menyiapkan sumber belajar

           2). Mengembangkan format evaluasi dan observasi pembelajaran

       c. Implementasi/ tindakan

            1). Kegiatan awal

            2) Kegiatan Inti

            3) Kegiatan Akhir

        d. Pengamatan

          Melakukan observasi selama KBM berlangsung dan menilai hasil tindakan dalam lembar pengamatan.

        e. Refleksi

            1). Melakukan evaluasi tindakan yang telah dilaksankan

           2). Melakukan diskusi bersama teman sejawat untuk membahas dan memperbaiki hasil penelitian.

            3). Evaluasi tindakan II

                Pelaksanaan PTK harus sesuai dengan jadwal penelitian, oleh karena itu peneliti membuat jawal kegiatan untuk penelitian tindakan kelas agar diketahui prediksi bagi peneliti.

          Silakan klik link ini sebagai bentuk dukungan kepada penulis tulisan ini: LINK INI

                Jadwal penelitian tindakan kelas pada siswa kelas II SD N 01 Petukangan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan.

NO RENCANA KEGIATAN MINGGU KE
1-2 3-4 5-6 7-8 9-10 11-12
1. PERSIAPAN
Menyusun konsep pelaksanaan X
Menyetujui jadwal dan tugas X
Menyusun instrumen X
2 PELAKSANAAN
Mempersiapkan kelas dan alat X
Melakukan tindakan Siklus I X X
Melaksankan tindakan Siklus II X
3 PENYUSUNAN LAPORAN
Menyusun konsep laporan X
Perbaikan laporan X

Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

Untuk: Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  selanjutnya, silakan klik

Silakan klik link ini sebagai bentuk dukungan kepada penulis tulisan ini: LINK INI

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 1

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 3

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 4

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 5

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 6

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 7

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 8

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 9

Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 10

Silakan klik iklan ini dan kemudian daftar sebagai bentuk dukungan kepada penulis tulisan ini: http://goo.gl/ZqwfQf

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

One response »

  1. MUHAMAD SUPIA IDDUARNI, S.Pd.SD says:

    Assalamualaikum wr.wb, apa kabar? Alhamdulillah dengan contoh PKP ini saya
    dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai PTK kearah yang lebih baik
    melakukan renovasi terhadap proses pembelajaran di kelas, Terimakasih, semoga anda
    selalu diberkati oleh ALLAH SWT, Amiin.

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s