بسم الله الر حمن الر حيم

BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A. Hasil Penelitian

  1. Kondisi Awal

      Pada kondisi awal guru tidak berhasil dalam mengajar karena guru masih menggunakan metode ceramah dan monoton bagi siswa, sehingga mereka kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Kegagalan ini dapat dilihat dari hasil belajar/ evaluasi siswa yang belum dapat mencapai KKM yang telah ditentukan.

        Pada Kompetensi Dasar Perkalian Bilangan yang hasilnya bilangan 51 sehingga siswa yang belum mencapai nilai diatas 51 termasuk kategori belum tuntas belajarnya.

        Data nilai siswa pada kondisi awal dilihat pada tabel I, dari melihat hasil ulangan tersebut penulis segera melaksanakan perbaikan pembelajaran.

B. Deskripsi Siklus I

   1. Persiapan/ Rencana

          Pelaksanaan perencanaan perbaikan pembelajaran dengan melakukan aktivitas-aktivitas sebagai berikut:

          a. Memberi langkah-langkah pengajaran tentang operasi hitung bilangan

          b.Menjelaskan materi kepada siswa.

          c. Menyiapkan semua alat peraga dan sarana lain yang akan digunakan.

          d. Memeriksa lembar observasi yang akan digunakan.

          e. Teman sejawat siap akan membantu ketika perbaikan pembelajaran berlangsung.

   2. Melaksanakan Tindakan Perbaikan Siklus I

          Pada tahap ini peneliti menggunakan pendekatan inqiury dengan metode ceramah, penugasan, penemuan, dan demonstrasi dengan langkah-langkah sebagai berikut:

          a. Kelas dibagi 4 kelompok

          b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

          c. Untuk Apersepsi, guru menjelaskan kembali apa saja yang harus dibawa oleh para siswa.

          d. Menjelaskan secara singkat mengenai pokok materi.

          e. Siswa mengerjakan lembar tugas yang diberikan oleh guru.

          f. Siswa menyajikan hasil penemuan pada lembar kerja.

          g. Siswa mempresentasikan hasil penemuan di depan kelas pada kelompok lain.

          h. Membahas materi bersama-sama (guru dan siswa) untuk memperoleh kesimpulan yang seragam.

          i. Memberikan hadiah bagi kelompok yang mendapat nilai yang terbaik.

          j. Siswa mengerjakan soal-soal tes.

          k. Memberikan PR pada siswa.

   3. Tahap Observasi/ Pengamatan

          Dalam pelaksanaan perbaiakan pembelajaran di SDN 01 Petukangan, peneliti dibantu teman sejawat saudara MG. Mujiasih, guru kelas Riqoh AR, sebagai observasi untuk mencatat semua kegiatan selama proses pelaksanaan pembelajaran berlangsung baik kegiatan guru maupun kegiatan siswa.

   4. Tahap Refleksi

          Dari hasil pengamatan observasi yaitu Ibu MG. Mujiasih dan juga pengamatan peneliti menunjukkan sudah terjadi peningkatan hasil belajar.

          Berdasarkan kesimpulan tersebut kemudian peneliti melakukan refleksi diri antara lain:

          a. Peneliti akan berusaha dalam mengelola kelas sebaik mungkin.

          b. Peneliti menggunakan pendekatan inquiry yaitu siswa diajarkan untuk menemukan hasil yang benar dari soal cerita yang guru berikan dan memeperjelas materi pembelajaran.

          c. Peneliti memberi kesempatan kepada siswa untuk mencari jawaban yang benar melalui beberapa cara salah satunya menggunakan penjumlahan berulang.

          d. Peneliti akan berusaha mengaktifkan siswa dalam kerja kelompok dan pengkondisian kelas yang lebih baik.

C. Deskripsi Siklus II

   1. Persiapan/ Rencana

Pelaksanaan perencanaan perbaikan pembelajaran dengan melakukan aktivitas-aktivitas sebagai berikut:

          a. Memberi langkah-langkah pengajaran tentang operasi hitung bilangan.

          b. Menjelaskan materi kepada siswa.

          c. Menyiapkan semua alat peraga dan sarana lain yang akan digunakan.

          d. Memeriksa lembar observasi yang akan digunakan.

          e. Teman sejawat siap akan membantu ketika perbaikan pembelajaran berlangsung.

   2. Melaksanakan Tindakan Perbaikan Siklus II

          Pada tahap ini peneliti menggunakan pendekatan inquiry dengan metode ceramah, penugasan, penemuan, dan demonstrasi dengan langkah-langkah sebagai berikut:

          a. Kelas dibagi 4 kelompok

          b. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

          c. Untuk Apersepsi, guru menjelaskan kembali apa saja yang harus dibawa oleh para siswa.

          d. Menjelaskan secara singkat mengenai pokok materi.

          e. Siswa mengerjakan lembar tugas yang diberikan oleh guru.

          f. Siswa menyajikan hasil pengamatan pada lembar kerja.

          g. Siswa mempresentasikan hasil penemuan di depan kelas pada kelompok lain.

          h. Membahas materi bersama-sama (guru dan siswa) untuk memperoleh kesimpulan yang seragam.

          i. Memberikan hadiah bagi kelompok yang mendapat nilai yang terbaik.

          j. Siswa mengerjakan soal-soal tes.

          k. Memberikan PR pada siswa.

   3. Tahap Observasi/ Pengamatan

          Dalam pelaksanaan perbaiakan pembelajaran di SDN 01 Petukangan, peneliti dibantu teman sejawat saudara MG. Mujiasih, guru kelas Riqoh AR, sebagai observasi untuk mencatat semua kegiatan selama proses pelaksanaan pembelajaran berlangsung baik kegiatan guru maupun kegiatan siswa.

   4. Tahap Refleksi

          Dari hasil pengamatan observasi yaitu Ibu MG. Mujiasih dan juga pengamatan peneliti menunjukkan sudah terjadi peningkatan hasil belajar.

          Berdasarkan kesimpulan tersebut kemudian peneliti melakukan refleksi diri antara lain:

          a. Peneliti mengamati kegiatan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar Matematika Kompetensi Dasar Perkalian Bilangan yang hasilnya bilangan dua angka dengan teknik penjumlahan.

          b. Peneliti memilih hasil evaluasi yang dikerjakan siswa pada akhir siklus II dan menilai aktivitas siswa (sikap) dalam diskusi kelompok. Serta menilai kegiatan guru saat proses pembelajaran berlangsung.

          c. Refleksi

          Dari hasil observasi, setelah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus II ternyata ada peningkatan hasil belajar.

Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s