بسم الله الر حمن الر حيم

          Pertama, saya bukan pecinta firefox, saya lebih “sreg” kalo pake Internet Explorer. Namun karena saya masih menggunakan XP, maka saya tidak bisa menginstal Internet Explorer versi 9 dan versi-versi selanjutnya. Sedangkan rasa bosan sudah ada sejak ada kabar bahwa IE versi 9 dan seterusnya hanya bisa diinstal pada Windows Vista dan versi sesudahnya.

          Kemajuan firefox memang sudah terlihat sejak versi 4. Pada saat itu, ada satu perubahan yang sangat mencolok, yaitu tampilannya. Hingga saat tulisan ini dibuat, firefox sudah mencapai versi 9.0.1 dan semakin nampak pula “power” yang ditambahkan pada setiap versi. Beberapa perubahan yang dilakukan  adalah:

  1. Interface: Beberapa menu diubah dan disatukan mirip Microsoft office 2010. Ini menjadikan firefox tampak lebih “bersih”.
  2. Penambahan “Pin Tab”: Fitur ini akan membuat tab yang di Pin menjadi permanen. Akibatnya saat firefox ditutup kemudian dibuka ulang maka tab tersebut akan tetap ada. Tab yang di Pin dapat dilihat dari bentuk tab-nya, yaitu persegi dengan hanya bergambar icon dari halaman web yang bersangkutan saja.
  3. Perbaikan tampilan Add-ons: Perubahan ini mengakibatkan tampilan pada add-ons lebih mudah dilihat.
  4. Beberapa fitur pada saat sebuah tab diklik kanan (saya menggunakan firefox berbahasa Indonesia). Diantaranya: Tab Baru, Duplicate Tab, Muat Ulang Tab, Jadikan Tab Permanen, Pindahkan ke Jendela Baru, Muat Ulang Semua Tab, Markahi Semua Tab, Batalkan Menutup Tab, Tab yang Baru Saja Ditutup, Tutup Tab, Tutup Tab Lainnya.
  5. Perubahan extrem engine firefox: Hal ini mengakibatkan beberapa add-ons tidak kompatibel sejak versi 4.
  6. Penambahan Tool Scratchpad JavaScript: Tool ini berfungsi untuk mengeksekusi JavaScript.
  7. Penambahan fitur Mode Penjelajahan Pribadi: Fitur ini akan membuat firefox tidak meninggalkan jejak di history
  8. Dll, saya kurang tau

          Nah, itu adalah fitur-fitur tambahan yang ada di firefox. Sekarang saya mau sebutin 12 fitur yang jarang di sentuh oleh penggunanya, khususnya pengguna awam. 12 fitur tersebut adalah:

  1. Fasilitas persona. Tahukah anda apa itu persona? Persona bisa diibaratkan sebagai baju atau kulit. Fitur ini dapat dilihat di sini.
  2. Fasilitas Penjelajahan Pribadi. Sebagian pengguna awam tidak akan  menggunakan fitur ini. Padahal fitur ini sangat bermanfaat dan dapat menjaga segala sesuatu yang anda anggap peting, seperti password, nomer rekening bank dll.
  3. Fitur Pengembang Web. Fitur ini terdiri dari beberapa tool yang dapat dipergunakan untuk melihat ke dalam sebuah halaman web.
  4. Fasilitas Layar Penuh. Akan menjadikan layar firefox anda menjadi Full Screen. Coba tekan F11 pada keyboard anda.
  5. Fasilitas Offline. Membuat halaman web yang anda buka menjadi Offlin dan dapat dibuka tanpa harus ada koneksi ke internet.
  6. Menu Gaya Halaman. Jika anda menginginkan tampilan halaman web yang anda kunjungi tampil dengan segala warna dan syle asli, maka biarkan pilihan menu ini tetap default/standar. Namun jika anda ingin melihat suatu halaman web dengan tanpa warna latar (putih) dan berbagai style sudah dinonaktifkan maka pilihlah pilihan “Tanpa Gaya”. Menu ini ada pada sub menu “Tampilan”.
  7. Pengkodean Karakter
  8. Penggunaan markah/bookmark. Fitur ini bermafaat untuk menyimpan suatu halaman web disertai dengan alamatnya, sehingga jika suatu saat anda ingin mengunjungi halaman tersebut maka tinggak klik aja.
  9. Fitur penggaya. Sebagian besar pengguna firefox tidak akan peduli dengan fitur ini, yang penting mereka mendapat data yang mereka inginkan (biasanya berisi teks-teks).
  10. Menu Tata Halaman. Seperti pada Microsoft Office, fitur ini berfungsi untuk mengatur halaman seperti orientasi, header, footer dan beberapa fasilitas lainnya.
  11. Semua fitur pada menu Pengaturan. Kebanyakan pengguna firefox tidak akan membuka menu Pengaturan, karena kemungkina tidak adanya pengetahuan tentang hal itu.
  12. Menu versi firefox. Kebanyakan pengguna firefox tidak akan peduli dengan versi firefox yang mereka gunakan.

          Demikian tulisan ini. Jika ada yang salah mohon dibenarkan. Jika ada yang kurang mohon ditambahi.

          Alhamdulillah, semoga bermafaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

2 responses »

  1. jangkongblog says:

    screengrab gue malah gk bisa, setelah gue upgrade ke Firefox 9.0.1
    solusinya gimana gan..?

  2. […] TTS terbaru dengan tema yang bemacam-macam yang bisa dimainkan di web browser semisal IE ataupun Firefox? Tak perlu khawatir lagi. Kini sudah hadir blog bertemakan teka-teki silang/tts. Alamat blognya: […]

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s