بسم الله الر حمن الر حيم

          Google adalah mesin pencari yang canggih dan modern. Ibarat robot, dia sudah bisa mencari jalan pulangnya sendiri. keberadaan google sangatlah membantu manusia dalam era teknologi yang semakin tak kenal waktu. Saat manusia membutuhkan sebuah informasi, google dapat membantunya hanya dengan mengetikkan kata kunci yang dimaksud dan kemudian menekan enter.

          Tentang kecanggihan google, beberapa referensi telah memberikan saya ide untuk menuliskan sesuatu di sini. Diantaranya adalah kemampuan google untuk dijadikan alat bantu manusia yang bersifat universal. Beberapa kemampuan tersebut adalah:

  1. Google dapat menjadi buku telepon. Ketikkan nama seseorang, kota dan negara bagian ke dalam kotak pencarian, tekan enter. Maka google akan memberikan hasilnya (berlaku untuk negara AS)
  2. Google dapat dijadikan kalkulator. Ketikkan sebuah soal tentang perhitungan matematika dalam kota pencarian, enter maka anda akan mendapatkan hasilnya. Hal yang sama juga dapat dilakukan dengan menuliskan angka itu sebagai huruf. Misal: five plus eight atau gabungan angka dan huruf seperti: ten * 12, (ten million * pi), 20% of 123456 dan sebagainya.
  3. Google dapat menjadi kamus. Ketikkan “define” lalu diikuti dengan kata dalam bahasa inggris yang akan dicari maksudnya. Tekan enter. Maka google akan memberikan sebuah definisi dari kata tersebut
  4. Google dapat menjadi peramal cuaca. Ketikkan “weather” diikuti kode pos atau nama kota. Maka anda akan “dibawa” ke kota tersebut sekedar untuk mengetahui cuaca di daerah/kota tersebut. Selain itu, google juga akan menginformasikan prakiraan cuaca di daerah/kota tersebut untuk 4 hari mendatang
  5. Google dapat menjadi peramal cuaca. Ketikkan “weather” diikuti kode pos atau nama kota. Maka anda akan “dibawa” ke kota tersebut sekedar untuk mengetahui cuaca didaerah/kota tersebut. Selain itu, google juga akan menginformasikan prakiraan cuaca di daerah/kota tersebut untuk 4 hari mendatang
  6. Google dapat menjadi perpustakaan pribadi bagi semua orang. Masuklah ke http://books.google.com/ dan mulailah mencari buku apa saja. Jika database google sudah menyediakan buku tersebut, maka anda akan menemukan buku yang sedang anda cari tersebut. Anda dapat membaca pratinjau dari buku tersebut secara gratis. Fasilitas lainnya adalah anda juga bisa membeli buku yang anda baca google books menyediakan tampat  di mana anda bisa membeli buku tersebut.

          Sebenarnya masih banyak rahasia yang dimiliki google yang tidak saya tuliskan.

          Untuk versi bahasa Inggris, silakan lihat di sini

          Alhamdulillah, semoga bermafaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

One response »

  1. good idea im gonna try it

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s