بسم الله الر حمن الر حيم

          Alhamdulillah, akhir tahun nih,,,

          Ini adalah postingan terakhir untuk tahun 2011.

          Kata orang bijak: Tuhan itu tidak melihat awal dari seseorang, namun bagaimana ia di akhirnya. Jika seseorang pada awalnya adalah seorang bos dengan peringkat perusahaan yang semakin menanjak, maka bagaimanakah ia dan perusahaannya itu pada akhirnya? Apakah akan semakin maju ataukah malah bangkrut? Bagaimanakah ia memipin perusahaannya itu?

          Mengambil ilustrasi di atas, bagaimanakah akhir dair setiap kita? Alangkah indahnya jika awal dan akhir kita adalah yang terbaik. Tentunya hal ini tidak akan terwujud jika kita tidak mengajari diri kita sendiri untuk hal itu. Bagi sebagian orang merasa bahwa apa yang dilakukannya sudah sempurna, tapi bagaimana menurut orang lain? Alangkah baiknya jika apa yang menurut kita adalah hal baik begitu pula menurut orang lain hal itu akan dianggap baik juga.

          Seperti keinginan kita semua, bahwa kita ingin awal dan akhir yang baik, sayapun berharap yang demikian. Dahulu ketika pertama kali saya membuat blog ini, asya pernah berpikiran bahwa semoga blog ini bermanfaat bagi saya dan bagi yang membacanya. Yah sekarang sudah akhir tahun, walaupun belum maksimal, semoga apa yang saya cita-citakan dahulu segera terwujud.

          Harapan saya yang lain adalah di akhir tahun ini, saya dan keluarga saya menjadi lebih baik dalam segala hal. Jika tahun kemarin ada sedikit/banyak omongan saya dan keluarga ada yang menyakiti tetangga, temen fb, twitter dan kerabat semua, mohon dimaafkan. Begitupula sebaliknya. Jika ada kelakuan/tutur kata dari saudara yang menyakiti saya dan keluarga insya Allah akan kami maafkan (kecuali untuk beberapa orang, maaf belum bisa termaafkan).

          Hanya pembelajaran tahun kemarin yang bisa menjadi pelajaran untuk tahun kedepannya. Semoga kita semua menjadi lebih baik dari tahun-tahun yang telah lalu:

من استوى يوماه فهو مغبون ، ومن كان يومه شرا  من أمسه فهو ملعون

Barang siapa yang harinya sama saja maka dia telah lalai, barang siapa yang hari ini lebih buruk dari kemarin maka dia terlaknat. (Perlu diketahui, ini bukan hadits, tapi hanya ucapan dari seseorang yang bernama Abdul Aziz bin Abi Ruwad. Ia pernah bermimpi bertemu rasulullah dan rasul bersabda dengan kata-kata tersebut). Namun walaupun demikian, bolehlah kita ambil kata-kata itu dari maknanya. semoga kita termasuk orang-orang yang memperbaiki diri, amin ya robbal ‘alamin.

          Akhirnya, sekali lagi kami memohon maaf untuk segala tingkah laku dan tutur kata yang kurang berkenan di hati saudara-saudara. Semoga di tahun depan, segala kebaikan kita lebih banyak dibandingkan keburukan-keburukan kita, bahkan semoga hilanglah segala keburukan-keburukan, amin ya robbal ‘alamin.

Selamat Tahun Baru 2012

          Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

One response »

  1. atdayyan says:

    selamat tahun baru juga ya😀

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s