بسم الله الرحمن الر حيم

Ini adalah tulisan ketiga. Bagian pertama dapat dilihat di sini dan bagian kedua dapat dilihat di sini

Bagian 3 dari 3 tulisan:

Doa diantara adzan dan iqomat

Adzan dan iqomah adalah sebuah panggilan dari Allah kepada hambanya yang beriman agar “mendatangi-Nya” dan melakukan perintahnya (sholat). Maka barang siap yang mendengarnya nda menjawab panggilanNya maka ia berpahala. Dan waktu antar dua waktu tersebut adalah waktu yang berkah dan mustajab untuk berdoa.

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa doa diantar adzan dan iqomah adalah makbul, terkabul. Berikut haditsnya:

Dari anas bin malik ra bahwa rasulullah saw bersabda: “doa tidak akan ditolak antara adzan dan iqomah”. [Sunan Abu Daud, kitab Shalat 1/144 No. 521. Sunan at-Tirmidzi bab Jamiud Da’waat 13/87. Sunan al-Baihaqi, kitab Shalat 1/410. Dishahihkan oleh al-Albani, kitab Tamamul Minnah hal 139].

Saat sujud dalam shalat

Shalat adalah rangkaian doa yang dilakukan dengan tuntunan dari rasulullah saw atas perintah dari Allah swt.

Seseorang yang melakukan sholat berarti dia sedang berdoa dan dekat kepada Allah swt. Apalagi saat ia sedang sujud, waktu sujud adalah waktu di mana seorang hamba paling dekat dengan rabb-nya. Dan apabila seorang hamba sudah dekat dengan rabb-nya maka tidak ada penghalang doa seorang hamba kepada Tuhannya.

Hadits yang mendukung antara lain:

Dari ibnu abbas ra. bahwa rasulullah saw. Bersabda: “adapaun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan”. [Shahih Muslim, kitab Shalat bab Nahi an Qiratul Qur’an Fi Ruku’ Wa Sujud 2/48] yang dimaksud adalah sangat tepat dan layak untuk dikabulkan doa kamu.

Pada saat kehujanan

Dari sahl bin a’ad ra. bahwasannya rasulullah saw. Bersabda: “dua doa yang tidak pernah ditolak: doa pada waktu adzan dan doa ada waktu kehujanan”. [mustadrak hakim dan dishahihkan oleh adz zahbani 2/113-114. Dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahihul Jami’ No. 3078]. Imam nawawi berkata bahwa penyebab doa pada waktu kehujanan tidak ditolak atau jarang ditolak dikarenakan pada waktu itu sedang turun rahmat khususnya curahan hujan pertama di awal musim. [Fathul Qadir 3/340].

Pada saat ajal tiba

Dari ummu salamah bahwa rasulullah saw. Mendatangi rumah Abu salamah (pada hari wafatnya) dan beliau mendapatkan kedua mata abu salamah terbuka lalu berliau memejamkannya kemudia bersabda: “sesungguhnya tatkala ruh dicabut maka pandangan mata akan mengikutinya”. Semua keluarga histeris. Beliau bersabda: “janganlah kalian berdoa untuk diri kalian kecuali kebaikan, sebab malaikat mengamini apa yang kalian ucapkan”. [Shahih Muslim, kitab Janaiz 3/38].

Pada malam lailatul qadar

Malam lailatul qadar adalah malam yang lebih mulia dari seribu bulan dan kemuliannya ini memungkinkan terkabulnya doa setiap hamba kepada Tuhannya.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman ( yang artinya ): “malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat jibril denganizin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar”. [al-Qadr 3-5] Imam as-Syaukani berkata bahwa kemuliaan lailatul qadar mengharuskan doa setiap orang pasti dikabulkan. [Tahafut Dzakirin hal 56].

Pada saat hari arafah

Hari arafah adalah hari yang mulia di mana sebagian manusia sedang malakukan ritual haji seperti yang dicontohkan oleh rasulullah atas perintah Allah swt. Bagi yang sedang tidak melakukan ibadah haji, disunnahkan untuk berpuasa. Sedangkan orang yang berpuasa , doanya makbul sampai ia berbuka.

Dari ‘amr bin syu’aib ra. dari bapaknya dari kakeknya bahwasannya nabi saw bersabda: “sebaik-baik doa adalah pada hari arafah”. [Sunan at-Tirmidzi, bab Jamiud Da’waat 13/83. dihasankan oleh al-Albani dalam Ta’liq alal Misykat 2/797 No. 2598].

Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

One response »

  1. subhanallah… doa adl senjata org mukmin…. jzkk postingnya..

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s