بسم الله الرحمن الر حيم

Ini adalah bagian 3, bagian pertama dapat dilihat di: http://adf.ly/8dS35 dan bagian kedua dapat dilihat di: http://adf.ly/8dW1i

 

"Maka masing-masing ( mereka itu ) kami siksa disebabkan dosanya, maka diantara mereka ada yang kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan diantara mereka ada yang di timpa suara keras yang mengguntur , dan diantara mereka kami benamkan kedalam bumi dan diantara mereka ada yang kami tenggelamkan dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri ". (QS.Al Ankabut:40).

Penjelasan

Pada kesempatan ini kami akan menyebutkan macam-macam dosa terutama dosa besar. Karena Nabi SAW pernah mengatkan bahwa antara jum`at sampai jum`at berikutnya, antara Ramadhan sampai Ramadhan berikutnya terdapat pengampunan dosa selama ditinggalkan dosa besar.

Terdapat perbedaan pendapat di antara para ulama` tentang jumlah macam-macam dosa besar itu. Ada yang mengatakan 3, ada yang mengatakan 7, ada pula 9 dan ada pula 70 sampai ada 300 macam.

Di antaranya disebutkan Rasulullah SAW seperti yang di riwayatkan oleh Imam Muslim, syirik kepada Allah SWT, membunuh anak karena takut miskin, men-zina-hi istri tetangga, durhaka terhadap kedua orang tua, bersaksi bohong, membunuh, bermain sihir, memakan harta anak yatim dll.

Adapun bahaya yang di timbulkan oleh maksiat atau perbuatan dosa itu, di sebutkan oleh Ibnu Qoyyim, Rahimullah, sbb ; 
Terhalangnya ilmu agama karena ilmu itu cahaya yang diberikan Allah SWT di dalam hati, dan maksiat mematikan itu.  Terhalangnya rezki, seperti dalam hadits riwayat Imam Ahmad : "Seorang hamba bisa terhalang rezkinya karena dosa yang menimpanya".  Perasaan alienasi pada diri si pendosa yang tiada tandingannya dan tiada terasa kelezatan.  kegelapan yang di alami oleh tukang maksiat di dalam hatinya seperti perasaan di kegelapan malam.  Terhalangnya ketaatan.  Maksiat memperpendek umur dan menghapus keberkahannya.  Maksiat akan melahirkan maksiat lain lagi, demikian kata ulama` salaf : Hukum kejahatan adalah kejahatan lagi sebagaimana kebaikan akan melahirkan kebaikan lagi.  Orang yang melakukan dosa akan terus berjalan ke dalam dosanya sampai dia merasa dirinya hina. Itu pertanda-tanda kehancuran.  Kemaksiatan menyebabkan kehinaan. Dan kebaikan melahirkan kebanggaan dan kejayaan.  Maksiat merusak akal, sedang kebaikan membangun akal.

 

Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

One response »

  1. ruanglain says:

    terimakasih untuk postnya..

    salam kenal deh🙂

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s