بسم الله الرحمن الر حيم

Kalau hidup gak ada perubahan menjadi lebih baik, buat apa?

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda. Jika anda seorang biker yang peduli dengan penampilan dan tampilan motor serta peduli dengan lingkungan sekitar anda, maka sebaiknya anda baca postingan saya kali ini.

Zaman telah berubah, semua yang konvensional akan berubah menjadi yang lebih baik. sesuai pepatah di awal postingan bahwa kalau hidup gak ada perubahan menjadi lebih baik, buat apa?

Sepertinya, pepatah ini yang dipakai perusahaan Honda di setiap meluncurkan produknya. Hal ini dapat dilihat dari produk-produk yang dikeluarkan dari waktu ke waktu. Kita masih bisa mengingat kesuksesan motor bebek pertama di dunia tahun 1957-1958 besutan Honda, Super Cub C100. Selain merupakan inovasi yang berani, Super Cub C100 adalah motor yang irit karena menggendong mesin 4 tak di mana saat itu mayoritas motor adalah mesin 2 tak. Sedangkan untuk era 2012, Honda juga melakukan inovasi yang lebih berani. Inovasi yang dilakukan Honda adalah dengan mengeluarkan varian produk yang dilengkapi dengan teknologi yang lebih irit dan lebih ramah lingkungan. Nama teknologinya adalah: PGM-FI.

PGM-FI merupakan singkatan dari Programmed-Fuel Injection. Teknologi ini memungkinkan adanya pengendalian pemasokan bahan bakar dengan menggunakan perangkat elektronik yang canggih. Dengan teknologi ini berarti dengan sendirinya, engine Honda dapat mengatur banyak-sedikitnya bahan bakar yang digunakan. Berbeda dengan teknologi motor kuno yang masih mengandalkan karburator untuk mengatur suplai bahan bakar ke dapur pacu. Engine yang menggunakan sistem karbu hanya mengandalkan gaya gravitasi untuk mengalirkan bahan bakar menuju karburator itu sendiri. Sedangkan pada engine yang menggunakan teknologi PGM-FI, bahan bakar akan dipompa menggunakan pompa (Fuel Pump Module) dari  tangki ke injektor.

Perbedaan lain adalah cara pengkabutan bahan bakar. Pada sistem karbu, pengkabutan terjadi karena adanya efek dari venturi. Venturi adalah penyempitan saluran keluaran pada karburator. Pada ujung saluran ini butiran-butiran bahan bakar akan ditabrakkan dengan udara bertekanan tinggi, sehingga akan terjadi kabut. Dan kabut ini akan masuk ke dapur pacu dan dibakar menggunakan api yang keluar dari komponen busi. Sistem karbu ini sangat bergantung kepada kecepatan mesin. Ketika katup gas perlahan menutup karena si pengendara mengurangi kecepatannya berarti kecepatan mesin juga ikut menurun/menjadi pelan, akibatnya aliran angin/udara juga turun. Akibatnya tidak seluruh bahan bakar berubah menjadi partikel. Sedangkan partikel-partikel bahan bakar yang besar tertinggal, tidak tersemburkan. Dengan demikian pada putaran rendah konsentrasi perbandingan udara dan bahan bakar menjadi jenuh. Hal inilah yang menjadikan engine berbasis karburator menjadi lebih boros.

Sistem karbu

Keterangan gambar:
Jika kabel gas ditarik maka penutup saluran keluaran dari karburator akan semakin melebar, akibatnya semakin banyak bahan bakar yang terpakai. Namun tidak semua bahan bakar akan ikut terbakar. Beberapa butiran bahan bakar yang telah menjadi kabut namun dengan ukuran butiran yang besar, tidak akan ikut terbawa ke ruang pembakaran. Hal inilah yang mengakibatkan mesin dengan sistem karburator menjadi lebih boros.

Beda ceritanya jika menggunakan teknologi injeksi. Baik putaran rendah ataupun tinggi, sistem elektronik akan mendeteksi dengan otomatis. Akibatnya tidak ada bahan bakar yang terbuang sia-sia. Sistem berbasis injeksi akan secara otomatis mendeteksi katup trotel semakin terbuka lebar/menyempit dan kemudian tugas diambil alih oleh TP sensor. Sensor posisi katup trotel (TP sensor) akan mendeteksi perubahan katup trotel tersebut dan dikirim ke ECU/ECM. ECU/ECM memerima informasi perubahan katup trotel dalam bentuk signal-signal listrik dan akan memberikan tegangan pada solenoid injektor sebanding dengan kecepatan mesin. Dan cara kerja inilah yang menjadikan sistem injeksi akan lebih hemat daripada sistem karbu.

mekanisme Injek putaran rendah mekanisme Injek putaran tinggi

Sisi lain sistem injeksi adalah dengan teknologi yang sedemikian modernnya, maka penggunaan bahan bakarpun akan lebih hemat. Sistem injeksi memungkinkan penghematan bahan bakar sebesar ±17%. Dan akibatnya adalah polusi yang dikeluarkanpun akan lebih sedikit daripada sepeda motor karburator. Menurut beberapa sumber, emisi yang diakibatkan oleh motor berbasis injeksi lebih sedikit dibandingkan motor berbasis karburator. Efeknya adalah terciptanya sistem yang lebih ramah lingkungan. Dalam situs resminya, Honda menjelaskan bahwa sistem PGM-FI mampu menekan kadar gas buang (emisi) sebesar 90% sesuai dengan standar regulasi EURO 3.

Keuntungan lainnya saat menggunakan Honda berbasis PGM-FI adalah:

  • Lebih bertenaga: Jika anda masih mengira bahwa Honda PGM-FI hanya sekedar motor irit, segeralah ubah cara pandang anda. Selain irit, sistem injeksi (PGM-FI) akan membuat motor menjadi lebih bertenaga, Motor biasa serasa motoGP.
  • Lebih mudah menghidupkan mesin: Jangan khawatirkan sepeda motor PGM-FI anda yang sudah lama tak dihidupkan. Kecanggihan teknologi PGM-FI akan membuat mesin motor anda mudah dihidupkan dalam segala kondisi cuaca.
  • Lebih mudah perawatan: PGM-FI adalah sistem berbasis perangkat elektronik. Uniknya lagi, perangkat ini dilengkapi dengan MIL (Malfuction Indicator Lamp) yang berfungsi memberitau bagian mana yang mengalami gangguan, sehingga lebih mempermudah dalam perawatan dan perbaikan.
  • Aman dengan premium: Cocok dengan bahan bakar premium.
  • Untuk sepeda motor jenis tertentu, garansi 5 tahun: Motor yang dimaksud adalah: Spacy Helm In PGM-FI dan Supra X Helm In PGM-FI. Garansi berlaku untuk 5 tahun atau jarak tempuh mencapai 50.000 km.

Tidak hanya dari sisi engine yang dipikirkan para insinyur Honda. Tampilan luar juga mendapat perhatian. Lihatlah salah satu produk Honda yang dinamai Honda PCX PGM FI. Jika anda punya wawasan, maka anda akan sependapat dengan saya bahwa motor ini punya kelas. Bahkan semua jenis Honda PGM-FI yang lain juga memiliki casing yang menarik. Selain PCX PGM FI, varian lain yang berbasis PGM-Fi adalah: CBR 250R, CBR 150R, Supra X 125 Helm-In PGM-FI, Honda Spacy Helm-In AT PGM-FI dan Vario Techno 125 PGM-FI.

Add Logo Honda PGM-FI SEO Competition

Teknologi mantap, tampilan fisik juga ok, lalu bagaimana dengan harganya? Memang, bagi sebagian masyarakat Indonesia harga menjadi suatu momok yang menakutkan. Apalagi bagi saudara-saudara kita yang hidup di bawah garis kekayaan,🙂. Namun anda tidak perlu khawatir soal harganya. Sesuai semboyannya: Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda, Honda juga sudah memikirkan tentang hal ini. Rata-rata harga yang ditawarkan pihak Honda adalah tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah. Tidak terlalu mahal karena sesuai semboyan Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda, Honda tidak ingin membebani masyarakat yang ingin memiliki kendaraan bermotor berbasis teknologi Injeksi (PGM-FI). Tidak terlalu murah karena Honda adalah perusahaan sepeda motor yang punya kelas, tidak murahan.

Ingat ya, tidak semua yang berharga mahal adalah barang mewah, namun tidak juga yang berharga murah adalah barang murahan dan harga terbaik adalah apabila kualitas sebanding dengan harga yang ditawarkan. Begitu pula dengan sepeda motor besutan Honda, harga yang ditawarkan bersaing dengan pasar, namun kualitas yang diberikan adalah kualitas nomer satu.

Berdasarkan deskripsi di atas yang panjang + lebar + melebar ke mana-mana, maka sudah sepantasnyalah kalau saya mengatakan: Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda. Ingat ya: Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda.

Keterangan:

  • Tulisan ini diikutkan dalam lomba Honda PGM-FI SEO Competition 2012 dengan tema “Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda”
  • Tulisan ini asli, belum pernah diikutkan lomba seo ataupun lomba apapun
  • Penulis tidak melakukan Copy-Paste (CoPas), namun hanya terinspirasi dari sumber-sumber/referensi yang berkaitan dengan tema (Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda)
  • Kategori yang diikuti: Teknis/Informasi (artikel bercerita tentang keunggulan teknis Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda)

Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

Tulisan saya yang lain dapat dibaca di sini

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

11 responses »

  1. rudyantolayindonesia says:

    MANTAP DAN BERGUNA INFONYA, please kunjungan balik Bro

  2. newbie says:

    mat ber SEO gan,, nyubi cuma bisa ngliat aja🙂

  3. elmoony says:

    Mantap sekali! SUkses terus SEO-nya. Kalo minat backlink, bilang ya🙂

  4. Ras_EKo says:

    wah baru tau juga nih yang namanya sistem pgm f1 taunya cuma irit doang.

  5. day says:

    Sukses lomba SEO nya. Saya ikut2 saja. seksi penggembira😀

    • Dwi Purwanto says:

      semoga tercapai tujuanya sob Seo motor injeksi ikut menjadi sportifitas mohon kunjungan balik komentnya terimakasih

  6. Dwi Purwanto says:

    Sportifitas atas kunjungan semoga motor injeksi menjadi teknologi terdepan menjaga lingkungan bersama, ditunggu koment balik sob terimakasih…

  7. Dwi says:

    Honda emang TOP, jadi mimpi pengen punya Supra X 125 Helm In PGM-FI … rencana buat sekolah anak SMA saya tahun depan … hrs lbh giat ngumpulin duit ne

  8. agus says:

    Promo Blog

  9. […] Ini adalah lanjutan dari postingan saya sebelumnya yang berjudul: Waktunya Pakai yang Injeksi. […]

  10. […] Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda Sepeda Motor Injeksi Irit Harga […]

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s