بسم الله الرحمن الر حيم

Honda CB150R StreetFire: Motor Plus-Plus-Plus. Seperti sudah menjadi tradisi di setiap generasi, Honda sebagai pabrikan motor nomor wahid didunia selalu memberikan inovasi yang bisa membikin setiap orang berucap “WOOOOOW” dalam setiap produknya. Tengok saja produk terbaru pabrikan Jepang ini, CB150R StreetFire.

CB150R SF

Honda CB150 StreetFire

Sekilas, penamaan kuda besi ini mirip dengan pendahulunya, CBR 150 R. Namun karena ada tambahan kata “StreetFire”, yang artinya “Jalan Api”, mengindikasikan bahwa motor 150cc ini siap membakar jalanan dalam segala medan, ringan atau berat!!!

Canggih

Ya, kita semua mengetahui bahwa tidak ada satupun produk keluaran Honda yang tidak memiliki mesin/teknologi canggih. Begitu pula dengan produk Honda yang satu ini, CB150R StreetFire. Motor sejuta umat ini dibekali mesin berbasis injeksi yang menjadikan CB150R StreetFire tetap ramah lingkungan (memenuhi standar emisi EURO-2), walaupun CB150R StreetFire adalah generasi baru naked sport bike. Selain itu motor dengan 6-percepatan ini juga sudah menggunakan teknologi DOHC (Double Over Head Camshaft) 4-katup yang mengindikasikan bahwa motor 4-langkah ini sangat bertenaga. Mesin berbasis DOHC juga menghasilkan suara yang lebih halus dan performa mesin yang lebih baik daripada mesin yang berbasis teknologi SOHC (Single Over Head Camshaft).

Mesin CB150r

Jantung Honda CB150R StreetFire, Canggih

Dukungan teknologi DOHC menjadikan motor berpendingin cairan (liquid colled) ini bisa melaju dengan kecepatan 122 km/jam, bahkan ada yang lebih melebihi kecepatan maksimal motor tetangga sebelah (baca disini).

Kecanggihan lainnya adalah mesin tidak akan kehabisan pasokan bahan bakar dari tangki walaupun motor (tangki) dalam keadaan berdiri (roda depan berada di atas – lihat gambar). Hal ini dikarenakan CB150R StreetFire memiliki pompa bensin model sub mersible pump yang mampu memompa bahan bakar walaupun tangki dalam keadaan vertikal ataupun miring (kanan dan kiri). Tentunya, teknologi ini mendukung freestyle motor, gak percaya? silakan baca disini. Lagi-lagi Honda memaksimalkan sisi yang tidak dipikirkan pabrikan/perusahaan lain dalam memanjakan konsumen dari berbagai segmen!!!

Motor Berdiri

Atraksi freestyle menggunakan Honda CB150R StreetFire

Kecanggihan CB150R StreetFire tidak sampai disitu. Pabrikan Honda juga membekali CB150R StreetFire dengan rangka body bertipe Truss Frame/Trellis/Terallis yang membuatnya terkesan berotot, gagah dan kokoh namun tetap menunjang kerja mesin sepenuhnya. Rangka ini didesain untuk memaksimalkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Rangka ini juga mendukung sistem suspensi. Sistem suspensi pada CB150R StreetFire menggunakan teknologi lengan ayun Pro-Link yang bisa mengurangi getaran semaksimal mungkin sehingga terasa sangat nyaman saat dikendarai. Sistem suspensi ini mampu menyesuaikan dengan berbagai kondisi jalan sehingga membuatnya lebih stabil dan nyaman. Sepintas mirip Suspensi pada Honda CBR 250R. Memang benar, CBR 250R juga menggunakan sistem suspensi seperti ini, jadi anda tidak usah ragu lagi dengan sistem suspensi seperti ini karena sudah jelas kualitasnya.

        RangkaSuspensi

Gambar: rangka body dan sistem suspensi di Honda CB150R StreetFire

Kombinasi mesin canggih berteknologi DOHC + rangka Trellis modern + suspensi Pro-Link membuat Honda CB150R StreetFire benar-benar memanjakan siapa saja yang mengendarainya.

Irit

Kita mengenal ada 2 jenis mesin motor. Pertama adalah mesin 2-tak dan kedua adalah mesin 4-tak. Honda dikenal sebagai pabrikan yang mengenalkan sistem 4-tak. Hampir semua produk otomotif Honda menggunakan teknologi 4-tak tidak terkecuali Honda CB150R StreetFire.

Mesin 4-tak sangat dikenal sebagai mesin yang hemat bahan bakar. Begitu pula CB150R StreetFire. Karena menggunakan teknologi 4-tak, maka motor ini juga sangat irit. Hal ini bukan omong kosong. Beberapa pihak sudah ada yang pernah mengujinya!!! Bahkan ada beberapa uji coba dengan cara dibandingkan dengan motor tetangga sebelah yang sama-sama bertemakan mesin 150cc dan ternyata hasilnya sangat mengejutkan. Honda CB150R StreetFire berhasil mengungguli motor tetangga sebelah (baca disini). Hal ini dikarenakan Honda CB150R StreetFire mengusung mesin injeksi (PGM-FI). PGM-FI ini adalah sistem injeksi dari Honda untuk mengatur pengapian dan pasokan bahan bakar ke ruang bakar secara maksimal. Dengan PGM-FI ini, konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

Tetapi, diakui atau tidak, mesin DOHC memang memiliki kekurangan, yaitu lebih boros dibanding mesin SOHC. Namun kekurangan tersebut akan langsung hilang setelah mengetahui keunggulan mesin DOHC. Mesin motor berbasis DOHC memang memerlukan konsumsi bahan bakar lebih banyak dikarenakan adanya double valve yang berfungsi untuk mempercepat pasokan bahan bakar ke ruang bakar. Adanya double valve ini mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Tapi di sisi lain performa motor DOHC menjadi lebih garang dibandingkan mesin motor SOHC. Sehingga kecepatan motor DOHC akan lebih cepat dibandingkan motor SOHC.

Inovatif & Advance

Honda tidak henti-hentinya menyuguhkan inovasi-inovasi yang berbeda di setiap peluncuran produknya. Inovasi juga diberikan di Honda CB150R StreetFire.  Beberapa inovasi yang dilakukan Honda di CB150R StreetFire adalah:

  • Desain Bodi

Bermesin DOHC 150cc, 6 “gigi”,  menjadikan CB150R StreetFire membutuhkan desain bodi yang mendukung dan bisa menambah kecepatannya. Maka dari itu, pabrikan Honda sengaja mendesain bodi motor sport ini berbeda dengan yang lainnya. Tema yang diangkat adalah Speedy Shape. Nama yang cocok untuk mendukung kemampuan mesin yang galak!!!

Tema ini ini juga sangat cocok untuk motor jenis sport, mengingat Honda CB150R StreetFire adalah juga motor sport, maka Speedy Shape adalah tema yang pas. Tema ini sangat pas dengan adanya fairing depan yang menjadikan motor ini makin terlihat kompak. Kombinasi sentuhan artistik dan futuristik terlihat akrab menyatu.

Dimensi motor ini adalah (p x l x t) 2.008 x 719 x 1.061 mm dan berat kosongnya mencapai 129 kg, sehingga mudah untuk dikendarai oleh orang yang tingginya sekitar 160 cm-an. Pada bagian tangki bahan bakar, maksimum dapat diisi dengan 12 liter premium. Walaupun AHM (selaku produsen Indonesia) menyarankan bahan bakar berjenis Premium, namun akan lebih baik jika CB150R StreetFire diisi dengan Bahan Bakar jenis Pertamax. Karena selain ini motor bagus (kasihan motornya kalo diisi premium), sekaligus juga bisa mendukung program pemerintah tentang penggunaan Pertamax. Ingat ya, PERTAMAX GAN Senyum dengan mulut terbuka .

Sementara itu, garda depan motor ini diisi oleh headlamp/lampu depan yang siap menerangi jalan yang anda lalui. Dan bagian belakang terdapat lampu berbentuk aksen heksagonal atau persegi enam, yang membuatnya semakin terlihat sporty dan modis. “Lampu rem” ini siap mengamankan lini belakang motor dari kendaraan di belakang anda.

  Honda-CB150R-HeadlampHonda-CB150R-Rearlamp

Headlamp dan Backlamp, artistik, futuristik dan sporty

  • Mesin

Seperti sudah dijelaskan di atas, Honda CB150R StreetFire sangat cocok disebut sebagai Modern Naked Sport Bike. Mesin DOHC 150cc berbasis Honda CBR 150R berpendingin cairan ini menjadikan Honda CB150R StreetFire motor paling OK di kelasnya. Apalagi motor ini sudah mengaplikasikan teknologi PGM-FI  menjadikannya sempurna saat dipakai sehari-hari ataupun saat touring.

Honda-CB150R-PGM-FI

Berteknologi PGM-FI

  • Panel Meter

Tidak hanya mesin! Tidak pula hanya desain bodi, Honda CB150R StreetFire juga memiliki panel meter yang ciamik.

Honda-CB150R-Speedometer-1

Panel meter

Teknologi jarum penunjuk angka (analog) dan digital tampak serasi bersatu pada bagian depan. Komposisi penyusunannya-pun menjadikan bagian ini mudah untuk dilihat. Pada bagian analog, menunjukkan putaran per menit mesin, sedangkan pada bagian digital menampilkan speedometer, odometer, trip meter, jam dan fuel meter (banyaknya bahan bakar). Komplit!!!

  • Roda

Salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan adalah roda. Walaupun terlihat sederhana, roda merupakan komponen vital yang harus ada. Zaman dahulu, roda, asal empuk dan bisa berputar maka sudah dianggap perfect. Namun seiring dengan perkembangan zaman, persepsi tentang bagaimana roda yang sempurna, berubah total!!!

Roda yang dianggap sempurna adalah roda yang terdiri dari pelek dan ban yang ringan, kuat dan aman. Honda CB150R StreetFire memahami akan hal ini. Maka dari itu Honda sebagai produsen menyandingkan pelek racing palang 6 berpola bintang serta memiliki penampang palang berbentuk U tebal yang sporty dengan ban tubeless sehingga menjadikannya lebih aman dan praktis.

Honda-CB150R-Roda-1

Roda dengan timah penyeimbang/timah balancer

Selain itu, untuk menambah kestabilan roda saat dikendarai/berputar, pihak Honda menambahkan timah balancer. Timah balancer ini otomatis membuat rotasi roda makin terkontrol serta mendongkrak kestabilan dipacu di atas 100 km/jam.

  • Rem & Kunci Pengaman

Honda-CB150R-Rem

Double cakram, depan ber-piston ganda dan belakang ber-pispton tunggal, menambah keamanan

Tak hanya canggih, tapi juga aman. Begitulah kesan yang terlihat dari Honda CB150R StreetFire ini. Untuk mengimbangi kecepatan yang dihasilkan mesin, pabrikan Honda menambahkan 2 buah rem cakram yang menyatu dengan ban depan dan belakang. Rem cakram menggantikan rem jenis tromol untuk memaksimalkan pengereman di segala kondisi jalan. Selain itu, Honda CB150R StreetFire juga dilengkapi fitur unggulan lain seperti pengaman kunci bermagnet sehingga tampilannya lebih modern dan efektif mengurangi resiko pencurian motor. WOOOOOWW!!!

  • Price/Harga

Memang sulit bagi kita untuk menentukan harga untuk motor irit berteknologi canggih seperti CB150R StreetFire. Namun PT. AHM sudah menetapkan biaya untuk ditebus jika kita menginginkan kendaraan ini. Dibanderol Rp 22.350.000,- (on the road Jakarta), saya kira cukup murah untuk aplikasi teknologi yang disertakan PT. AHM untuk motor irit & advance ini.

4 Warna, 4 Selera, 1 Kualitas

PT. AHM menyediakan 4 warna yang diaplikasikan bersama CB150R StreetFire. Speedy White, Lightning White, Astro Black, dan Furious Red siap menemani perjalanan anda ke kantor ataupun touring ke luar kota.

cb150r-astro-black

CB150R StreetFire Astro Black

cb150r-furious-red

CB150R StreetFire Furious Red

cb150r-lightning-white

CB150R StreetFire Lightning White

cb150r-speedy-white

CB150R StreetFire Speedy White

Anda pilih warna apa gan? Kalo saya, pilih yang merah!!!

Ingat ya, 4 warna tersebut hanya untuk menentukan selera pelanggan. Keempat tipe warna tersebut tidak mewakili kualitas, yang satu lebih hebat dari yang lain. Sekali lagi tidak. Meskipun berbeda jenis warna, namun kualitas tetap satu, kualitas Honda!!!

Sekarang, tidak salah jika saya mengatakan: Honda CB150R StreetFire: Motor Plus-Plus-Plus.

Honda, Tiada Henti Berkarya

Keseriusan Honda untuk menyuguhkan produk-produk berkualitas kepada pelanggan setia akan terus berlanjut dan terjaga demi kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Setiap saat, setiap waktu, perkembangan yang terjadi di pabrik Honda menandakan bahwa Honda selalu advance di setiap menelurkan produk terbarunya. Begitu pula saat Honda menggarap CB150R StreetFire.

Saat menggarap Honda CB150R StreetFire, Honda mengambil tema “Tantang Nyalimu!”. Honda mengajak pelanggan pengguna CB150R StreetFire untuk menguji nyali saat mengendarai motormodern naked sport” ini. Sekarang, terserah anda!!!!

honda cb150r streetfire

Honda CB150R StreetFire: Tantang Nyalimu!

Kontes Blog

Blog dan tulisan ini diikutkan dalam “Lomba Blog Motor Canggih, Irit dan Advance yang diadakan oleh Honda dan blog detik. Semua tulisan dalam blog ini adalah murni hasil karya sendiri, belum pernah diterbitkan sebelumnya dan mengambil referensi dari berbagai blog yang berkaitan dengan tema guna memperkuat argumen tulisan.



Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

18 responses »

  1. ninja150ss says:

    emang keren….tp syg AHM budek.
    tutup tanki dr jaman purba msh aja dipake,motor sport tutup tanki y rata…!!!

  2. Mantap artikelnya🙂 Salam kenal ya, dan sukses selalu.
    Jangan lupa Follow dan kunjungi, saya juga ikutan hehe😀

  3. nuzulul says:

    jadi pengin beli nih mas.
    [ngitung cicilan]😀

  4. pake motor inilangsung bikin gagah maksimal😀

  5. mhdharis says:

    mantap bro artikelnya😀 lengkap. sukses yak

  6. Baca artikel ini, bagus dan keren jadi gak PD aku.

    • Zakiee says:

      Jangan gitu gan, saya jadi gak pd juga nih!!!

      Kita semua berangkat dari titk nol yang sama, kita semua dapat kesempatan yang sama!!!

      Cuma keberuntungan nantinya akan berpihak kepada siapa, itu saja sih menurutku!!!

      Tapi bagaimanapun, CB150R StreetFire adalah motor keberuntungan!!!
      😀😀😀🙂 _

  7. nunung says:

    Bagus sekali ulasannya lengkap, goodjob, sukses gan

  8. febri says:

    artikelnya bagus bangettt kawan mudah2an juara ya kalo juaara nanty aku bagi hadiahnya hehehe😀

    visit juga blog aku kawan

    ditunggu komennya

  9. dihas says:

    kalo liat sekilas mirip Vixion ya…..
    iya gak sih…?

  10. Lari nya enak kenceng tuh,,,

  11. jay_metro says:

    tangki aja dipermasalahkan dipake lancar buat kerja jadi berkah gitu ajah udah alhamdulilah# lebih inovatif ajah ahm yeee

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s