بسم الله الرحمن الر حيم

Berebut Kursi Singgasana Raja Dangdut. 2014, tahun politik bagi para politisi di Indonesia. Pada tahun ini para “pendekar” kesiangan dari negeri ini akan berjuang sekuat tenaga dan harta untuk bisa menjadi yang nomer satu, presiden RI. Sementara mereka berjuang sekuat tenaga, rakyat sedang asyik menonton mereka dari layar kaca sambil menahan dingin akibat banjir dan bencana lainnya.

Dari sekian banyak “tokoh” yang ikut berebut singgasana kursi kepresidenan, saya akan menyoroti salah satunya. Beliau adalah KH. RHOMA IRAMA. Tentunya, nama itu tidak asing lagi bukan di telinga pembaca sekalian? Yups, beliau adalah seorang seniman yang menekuni bidang musik (seniman musik), lebih tepatnya musik dangdut. Bahkan beliau bergelar Raja Dangdut.

Gelar (Raja Dangdut) ini bukan hanya sebatas gelar, namun gelar ini adalah sebuah penghormatan kepada beliau yang loyal terhadap musik terutama musik dangdut. Bayangkan saja, sejak beliau masih lajang sampai sekarang, beliau tetap saja bermusik dangdut. Tidak hanya itu, RHOMA IRAMA adalah seorang penulis/pencipta lagu dangdut.

Tak berlebihan rasanya jika Rhoma Irama dijuluki raja dangdut dan tak (?) tergantikan!!! Bahkan mungkin sampai (seandainya) beliau menduduki kursi kepresidenan. Atau mungkin paling tidak sampai beliau wafat. Nah, masalahnya adalah (seandainya) beliau sudah wafat, siapakah yang akan menggantikan kedudukannya sebagai raja dangdut?!

Pertanyaan diatas sering kali terdengar/terbaca di berbagai media (sosial). Namun sampai kini, belum ada jawaban yang pasti akan siapa yang bisa menggantikan Rhoma Irama sebagai Raja Dangdut! Bukan tanpa alasan, memang sulit untuk menemukan orang “sekelas” Raja Dangdut ini. Memang sih, banyak pedangdut-pedangdut lain yang suaranya merdu, bahkan lebih merdu. Namun (saya kira) tidak ada orang yang bisa menyamai ciri khas sang Raja. Ciri khas beliau sudah merekat kuat disetiap sanubari pecinta dangdut.

Ciri ini yang tidak ada di pedangdut lain. Coba deh, sebut orang terdekat Rhoma Irama (Ridho Rhoma). Ridho Rhoma adalah putra Rhoma Irama yang mendirikan sebuah band dangdut yang mirip Soneta, namanya Sonet-2 (baca: Sonetu). Namun lagi-lagi, Sonet-2 tidak mirip sama sekali dengan band seniornya. Soneta bergenre murni dangdut sedangkan Sonet-2 bergenre campuran, dangdut dan rock (rock-dut). Walaupun keturunan Rhoma Irama, Ridho Rhoma kehilangan ciri khas sang ayah. Mungkin, gelar Raja Dangdut diberikan bukan hanya karena sang penyanyinya (Rhoma Irama) saja, namun ada sisi lain seperti “keabadian” lagu-lagunya, fans fanatiknya dan tentu saja ciri khas yang dimiliki oleh penyanyinya.

Tidak sampai disitu, mungkin gelar Raja Dangdut ini adalah gelar “abadi” untuk si raja. Coba deh kita tengok sebentar, setiap seseorang berucap raja dangdut, maka kita akan dibawa ke alam dimana tidak ada orang lain selain Rhoma Irama. Alam ketika kita menolak orang lain untuk menggantikan posisinya sebagai raja dangdut.

Dukungan penuh media yang mengindikasikan bahwa raja tak akan pernah turun tahta, begitu jelas. Berbagai lawakan dan adegan-adegan lain seakan-akan tidak rela jika Rhoma Irama diturunkan dari singgasananya sebagai raja dangdut.

Apakah ini berarti bahwa sang raja akan “abadi”? Tidak, tidak ada keabadian yang abadi, bahkan keabadian itu sendiri. Tapi belum jelas pula siapa pengganti sang raja!?!

Apakah mungkin hanya masalah waktu saja? Atau hanya pikiran kita saja yang terbelenggu oleh sugesti dan kebiasaan semata? Apapun jawabannya, saat ini Rhoma Irama adalah sang Raja Dangdut.

Sukses buat bang haji. Sukses buat Indonesia. Sukses juga buat penulis dan pembaca blog ini. Sukses juga buat pemilu Indonesia. Jangan ada black campaign. Jangan ada money politic dan jangan ada dusta diantara kita.

Assalamu’alaikum wr. wb

Alhamdulillah, semoga bermanfaat,,,

About ifqo

Kepingin melawan arus, agar tidak tenggelam,,,

Tinggalkan Komentar/Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s